Skripsi
EFEKTIFITAS PEMBINAAN APARAT DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN
Indonesia :
Nama: Marnanik, NPM: 2107501187, Judul : Efektifitas Pembinaan Aparat Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Pokok permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: Sejauh mana efektifitas pembinaan aparat desa dalam meningkatkan pelayanan publik di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan? Faktor-faktor apa sajakah yang menghambat efektifitas pembinaan aparat desa dalam meningkatkan pelayanan publik di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan? Bagaimana solusi dari faktor -faktor yang menghambat pembinaan aparat desa dalam meningkatkan pelayanan public di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan?
Tujuan Penelitian ini adalah ingin mengetahui:
1) Efektifitas pembinaan aparat desa dalam meningkatkan pelayanan publik di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.
2) Faktor-faktor yang menghambat efektifitas pembinaan aparat desa dalam meningkatkan pelayanan publik di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.
3) Solusi dari faktor -faktor yang menghambat pembinaan aparat desa dalam meningkatkan pelayanan publik di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini adalah termasuk analisis data kualitatif di mana hasil penelitian tidak dianalisis dengan menggunakan alat-alat statistik, melainkan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terkait langsung dengan pembinaan aparat desa seperti pegawai Kecamatan Kajen. Penelitian ini dilakukan di tiga desa yang ada di Kecamatan Kajen, yakni Desa Tanjungsari, Desa Gejlig dan Desa Kajen dengan responden sejumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi.
Dengan responden penelitian sejumlah 50 orang, perolehan total skor dari 9 item pertanyaan untuk mengukur efektifitas pembinaan aparat desa dalam meningkatkan pelayanan publik adalah sebesar sebesar 1697 dan termasuk dalam kriteria efektif, dengan tingkat efektifitas 69,54%. Kemudian 15 item pertanyaan untuk mengukur peningkatan pelayanan publik di Kecamatan Kajen adalah sebesar 2657 dan termasuk efektif, dengan tingkat efektifitas 68,87%.
Faktor-faktor yang menghambat pembinaan aparat desa dalam meningkatkan pelayanan publik di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan antara lain adalah dana dan fasilitas serta kurangnya pemahaman mengenai peraturan disiplin pegawai negeri.
Kata kunci : efektifitas pembinaan, aparat, pelayanan publik
English :
Name: Marnanik, MSN: 2107501187, Title: Village Development Effectiveness in Improving Public Services in Kajen Sub-district of Pekalongan Regency
The main problem in this study, namely: To what extent the effectiveness of the construction of village officials to improve public services in the district of Regency Pekalongan Kajen? What factors inhibiting the effectiveness of the construction of village officials to improve public services in the district of Regency Pekalongan Kajen? How does the solution of the factors that hinder the construction of village officials to improve public services in the district of Regency Pekalongan Kajen?
The purpose of this study was to determine:
1) Effectiveness of the construction of village officials to improve public services in Kajen Sub-district of Pekalongan Regency.
2) The factors that inhibit the effectiveness of the construction of village officials to improve public services in Kajen Sub-district of Pekalongan Regency.
3) Solution of the factors that hinder the construction of village officials to improve public services in Kajen Sub-district of Pekalongan Regency.
This study includes qualitative data analysis where the results were not analyzed using statistical tools, but were analyzed using descriptive and analytical techniques. The population in this study are the parties directly related to the construction of village officials such as district officials Kajen. This research was conducted in three villages in the district Kajen, which Tanjungsari Village, Villages and Countryside Gejlig Kajen with a total of 50 respondents. Techniques of data collection using questionnaires, interviews (interviews), observation and documentation.
With a total of 50 respondents consider the total score of 9 item questions to measure the effectiveness of the construction of village officials in improving public services was equal to 1697 and including the effective criteria, the effective rate is 69.54%. Then the 15 items of questions to measure the improvement of public services in the district was Kajen 2657 and including effective, with 68.87% effectiveness.
Factors that hinder the construction of village officials to improve public services in the district of Regency Pekalongan Kajen such as funding and facilities, and lack of understanding about the discipline of civil servants.
Key words: effectiveness of construction, officials, public service.
1822011KI13 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain