Skripsi
Analisis Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Nurul Ulum Jembayat Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
Khozi`in. 2010. Analisis Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Nurul Ulum Jembayat Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Evaluasi Bimbingan dan Konseling
Penelitian ini mengambil pokok permasalahan "Bagaimanakah evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling pada peserta didik kelas VII MTs. Nurul Ulum Jembayat Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010?". Searah dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan evaluasi aspek input program, aspek proses, serta aspek hasil dari proses layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik kelas VII MTs. Nurul Ulum Jembayat Kecamatan Margasari.
Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan secara kualitatif. atau responden yang menjadi sumber informasi dalam penelitian ini antara lain terdiri dari: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator bimbingan dan konseling, petugas/guru bimbingan dan konseling/ konselor sekolah, guru mata pelajaran, serta peserta didik kelas VII. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner sebagai metode pokok serta wawancara sebagai metode pendukung untuk pengisian kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Mean skor input relevansi program dengan kebutuhan peserta didik diperoleh sebesar 59,90 dengan persentase sebesar 71,31% yang artinya kualitas layanan bimbingan dan konseling setelah dievaluasi dalam kategori baik. Sedangkan mean skor input administrasi dan organisasi diperoleh sebesar 39,50 dengan persentase sebesar 64,75% yang artinya kualitas layanan bimbingan dan konseling setelah dievaluasi dalam kategori baik. 2) Mean skor proses layanan program bimbingan dan konseling diperoleh sebesar 59,90 dengan persentase sebesar 54,95% yang artinya kualitas layanan bimbingan dan konseling setelah dievaluasi dalam kategori cukup baik, dan 3) Mean skor hasil (produk) dari proses layanan bimbingan dan konseling diperoleh sebesar 94,90 dengan persentase sebesar 65,45% yang artinya kualitas layanan bimbingan dan konseling setelah dievaluasi dalam kategori baik.
Disarankan agar sekolah dan yayasan selalu mendukung kegiatan bimbingan dan konseling terutama dalam hal penyediaan anggaran dan pengalokasian waktu yang memadai guna pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Bagi guru bimbingan dan konseling, hasil penelitian ini hendaknya dijadikan sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam hal proses dengan cara meningkatkan kualitas pengadministrasian instrumen terutama inventori minat, kimas, dan angket kebiasaan belajar, menyusun pedoman analisis data, standar penafsiran hasil, serta meningkatkan disiplin pelaksanakan tes/inventori/angket. Atasi sedini mungkin kesulitan pada upaya pemberian informasi cara belajar efektif dan efisien, informasi pekerjaan, penggunaan waktu luang, kenakalan remaja dan informasi diri dengan cara mencari nara sumber yang tepat.
English :
Khozi'in. 2010. Analysis of Program Realization Evaluation of Guidance and Counseling at Educative Participant of Class VII MTs. Nurul Ulum Jembayat Subdistrict of Margasari Regency of Tegal of School Year 2009/2010. Thesis: Guidance and ounseling of Teachership and Science Education Faculty of Pancasakti Tegal University.
Keyword: Guidance and Counseling Evaluation.
This research take problems fundamental How is the program realization evaluation of guidance and counseling at educative participant of class VII MTS. Nurul Ulum Jembayat Subdistrict of Margasari Regency of Tegal of School Year 2009/2010?". With formula of the problem, the target which wish reached is to describe evaluate aspect of program input, aspect process, and also result aspect from process of guidance and counseling service at educative participant of class VII MTs. Nurul Ulum Jembayat Subdistrict of Margasari.
This research represent survey research by using qualitative approach. Informan or responder becoming the source of information in this research are consisted of: headmaster, vice-headmaster, counseling tuition coordinator, counseling tuition teacher/school counselor, subject teacher, and also the educative participant of class VII. The method of data collecting used in this research is quizioner as fundamental method and also interview as supporter method for admission filling quizioner. While data analysis method use descriptive of percentage.
The result of the research shows 1) Mean score of program relevansi input with requirement of educative participant obtained by equal to 59,90 with percentage of equal to 71,31 % that it means quality of tuition and counseling service after evaluated is in good category. While mean score of administration and organizational input obtained by equal to 39,50 by perssentase equal to 64,75 % it means that quality of tuition and counseling service after evaluated is in good category. 2) Mean score of tuition and counseling program service process obtained by equal to 59,90 with percentage of equal to 54,95 % it means that quality of service of tuition and counseling after evaluated in good enough category, and 3) Mean score of result (product) from tuition and konseling service process obtained by equal to 94,90 with percentage of equal to 65,45 % it means that quality of tuition and counseling service after evaluated is in good category.
It's suggested that school and institution always support the activity of guidance and counseling especially in the case of supplying budget and allocating adequate time for execution of tuition and counseling service. For guidance and counseling teacher, the result of this research shall be made as input to increase the quality of guidance and counseling service specially in the case of process by improving the quality of instrument administration especially interest inventory, kimas, and inquiry of learning habit, arranging of data analyse guidelines, standard of result interpretation, and also improve discipline of execution test/inventory/inquiry. Overcome early possible difficulty at effort of giving information of learning way effectively and efesienly, working information, leeway usage, adolescent mischief and self information by looking for correct resource person.
1822011KI16 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain