Skripsi
ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL LINTANG GUMEBYAR KARYA INDARPARTI DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP
Indonesia :
TARUNO, AKHMAD NPM. 1506500626 skripsi, 2011. Aspek Sosial dalam Novel Lintang Gumebyar Karya Indarpati dan Implikasinya bagi pembelajaran sastra di SMP. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Aspek Sosial, Novel dan Pembelajaran
Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan aspek-aspek sosial yang terdapat dalam novel lintas Gumebyar karya Indarpati dan Menjelaskan Implikasi Aspek Sosial dalam Novel Lintang Gumebyar karya Indarpati bagi pembelajaran sastra di SMP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Deskriptif adalah untuk mendapatkan gambaran tentang alur, tokoh dan penokohan, latar sastra tema.
Peneliti menyimpulkan bahwa dalam novel Lintang Gumebyar menceritakan pahitnya pengalaman hidup gadis belia yang menggantungkan cita-cita setinggi bintang di langit namun persekongkolan ibu dan seorang laki-laki yang mencintainya membuat cita-citanya sirna, novel ini banyak menceritakan keadaan sosial para tokoh diantaranya : 1) Masalah Sosial yaitu Faktor Ekonomis, Faktor Biologis, Faktor Psikologis, Faktor Kebudayaan. 2) Interaksi Sosial yaitu Kemiskinan, Kriminalitas, kependudukan, Prostitusi, Lingkungan Hidup, Keluarga.
Penulis tidak mengulas semua tokoh dalam Novel Lintang Gumebyar hanya sangat berperan dalam mendukung cerita novel tersebut, tokoh utama dalam novel Lintang Gumebyar adalah Lintang, Lasmi dan Langit. Fungsi tokoh utama adalah sebagai pembawa ide besar atau tokoh yang disampaikan oleh pengarang.
Tokoh bawahan dalam Novel Lintang Gumebyar ini berfungsi sebagai pendukung dan pembawa ide-ide kecil tetapi sangat mendukung keberadaan tokoh utama dalam membawakan ide-ide besar dalam cerita tersebut. Dilihat dari aspek sosial di atas maka dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran sastra di SMP.
Berdasarkan hasil analisis ini, penulis mengimplikasikannya terhadap pengajaran bahasa dan sastra, khususnya kinerja bahan penyajian dan model penyajian sastra. Dalam menumbuhkan kemampuan siswa, kita dapat memilih sedangkan siswa dapat menerima materi yang telah diberikan oleh pengajar, sedangkan untuk memilih model pengajaran kita dapat memilih teknik pengajaran yang efektif dan efisien yaitu menggunakan teknik pembinaan diantaranya dengan metode kreatifitas yaitu metode yang mengarahkan siswa lebih menghayati sastra dengan melakukan penjelajahan penafsiran.
English :
TARUNO, AKHMAD. NPM. 1506500626 Thesis. 2011. Social Aspects of Novel Lintang Gumebyar by Indarpati and its Implication For Teaching Literature in Junior High. Language Education Study Program, Indonesia and Regional Literature, Faculty of Educational Sciences Teacher Training University Pancasakti Tegal.
Key words : Social aspects, Novel and Learning
The purpose of this study to describe the social aspects inherent in the novel Lintang Gumebyar by Indarpati and explain the implications of social aspects in the novel Lintang Gumebyar by Indarpati to learning and teaching literature in Junior High.
The method used in this research is Descriptive Analysis Method is to get an idea about the plot, characters and characterizations, setting and themes.
Researchers concluded that in the novel Lintang Gumebyar bitter experience of life tells a young girl who hung ideals as high as the stars of heaven, but a conspiracy of mothers and a man who loved to make her dreams vanish,this novel tells a lot of the social state leaders including : 1) Social problems are economic factors, biological factors, psychological factors, cultural factors. 2) Social interaction that is poverty, crime, population, prostitution, environmental, families.
The author does not examine all the characters in the novel Lintang Gumebyar only plays an important role in supporting the story of the novel.
The main characters in the novel Lintang Gumebyar is Lintang, Lasemi and Langit. The function of the main characters is a bearer of great ideas or characters presented by the authors.
Subordinate characters in the novel Lintang Gumebyar was functioning as a supporter and host of small ideas but strongly supports the existence of the key figures in bringing big ideas in the story. Viewed from above, so the social aspect may be an alternative in teaching literature in Junior High.
Based on the results of this analysis, the author mengimplikasikanya against the teaching of language and literature, especially the criteria for teaching materials and teaching models of literature. In cultivating students abilities, we can choose while students may receive a material that has been granted by the instructor.while to choose the model of teaching we can choose teaching techniques that effectively and efficiently by using techniques such as using creativity coaching is a method that directs students to perform better appreciate the literary exploration of interpretation. There was also the literary method is a method or technique that was developed in stages.
1822011KI23 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain