Skripsi
Hubungan Antara Layanan Informasi dan Orientasi Bimbingan dan Konseling dengan Pengembangan Kepribadian Pada Peserta Didik Kelas XII SMK Nurul Islam Slatri Larangan Brebes Tahun 2009/2010
Indonesia :
Nama; Dian Dana, NPM; 1106500243, judul skripsi "hubungan antara layanan informasi dan orientasi bimbingan dan konseling dengan pengembangan Kepribadian Pada Peserta Didik Kelas XII SMK Nurul Islam Slatri Larangan Brebes Tahun 2009/2010". Dalam skripsi ini menekankan pada penelitian mengenai hubungan antara layanan informasi dan orientasi bimbingan dan konseling dengan pengembangan kepribadian.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan informasi dan orientasi bimbingan dan konseling, dan apakah ada hubungan antara layanan informasi dan orientasi bimbingan dan konseling pada peserta didik kelas XII SMK Nurul Islam Slatri Larangan Brebes tahun 2009 / 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan informasi dan orientasi bimbingan dan konseling dan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara layanan informasi dan orientasi bimbingan dan konseling pada peserta didik kelas XII SMK Nurul Islam Slatri Larangan Brebes tahun 2009 / 2010.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Nurul Islam Slatri Larangan Brebes yang berjumlah 5 kelas (335 siswa). Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan random sampling yaitu 15% dari 335 siswa diperoleh sebanyak 50 Siswa. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode angket karena dipandang sangat tepat untuk mendapatkan data-data yang penulis butuhkan. Sebagai tolak ukur ada atau tidaknya hubungan antar variabel penulis menggunakan uji signifikansi dengan taraf signifikansi 5% atau 1%. Adapun ketentuan uji signifikansi adalah apabila nilai koefisien (rxy) lebih besar atau sama dengan r tabel (rt) pada taraf signifikansi 5% atau 1% maka nilai r tersebut dikatakan signifikasi. Sebagai konsekuensi hipotesis nihil ditolak sedang hipotesis alternatif diterima, ini berarti ada korelasi antara x dan y atau x dengan x dan apabila nilai koefisien (rxy) atau rx1x2) lebih kecil dari rtabel (rt) pada taraf signifikansi 5% atau 1% maka nilai r tersebut dikatakan tidak signifikasi. Sebagai konsekuensi hipotesis nihil diterima sedang hipotesis alternatif ditolak, ini berarti tidak ada korelasi antara x dan y atau x dengan x.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang telah penulis lakukan adalah, setelah penulis melakukan penelitian langsung ternyata terdapat hubungan antara layanan informasi dan orientasi dalam bimbingan dan konseling dengan pengembangan kepribadian, dengan demikian pemberian informasi dan orientasi sangat penting untuk diberikan kepada siswa terutama untuk mengembangkan kepribadian agar siswa mempunyai kepribadian yang mantap yang dapat diterapkan di kehidupan sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah, siswa hendaknya dapat memanfaatkan suatu informasi yang sangat berguna bagi dirinya yang sangat diperlukan untuk menambah wawasan., siswa hendaknya dapat mengembangkan suatu potensi yang ada pada setiap siswa untuk membentuk suatu kepribadian yang baik atau yang mantap, pembimbing, orang tua dan semua yang terkait dengan kehidupan anak hendaknya dapat memberikan informasi dan orientasi kepada anak untuk mengembangkan kepribadian anak tersebut
2222011KI2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain