Skripsi
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Reflect, Read, Recite, Review) Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2009
Indonesia :
MARYATI, NANIK. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Reflect, Read, Recite, Review) Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara.Dra.Tity Kusrina, M.Pd. Drs.Subiyanto MPd.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode PQ4R, Hasil Belajar.
Metode SQ4R (Preview, Question, Reflect, Read, Recite, Review) merupakan metode belajar yang mempunyai tujuan agar kegiatan membaca dapat dilaksanakan sesingkat mungkin tetapi dengan daya serap yang tinggi. Metode SQ4R yang diterapkan dalam pembelajaran khususnya mata pelejaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu jawaban atas persoalan agar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengenai upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode PQ4R dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pengamatan, tindakan dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumnpulan data yang berupa angket, tes dan observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Petarukan Pemalang dengan jumlah 44 siswa.
Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode PQ4R pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Ideologi Negara Pancasila dalam kegiatan question, recite, menyajikan hasil belajar serta menyimpulkan hasil pembelajaran termasuk dalam kategori Baik, termasuk aktivitas menjawab pertanyaan. Langkah-langkah metode PQ4R adalah meneliti secara singkat (Preview), membuat daftar pertanyaan (question), membaca (read), memahami (recite), dan meninjau ulang (review).
Penerapan metode PQ4R dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada pokok bahasan Ideologi Negara Pancasila. Pada siklus I hasil angket tanggapan siswa terhadap metode PQ4R dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 81,82% atau 38 dari 44 siswa. Adapun tidak tuntas 18,18 % atau 10 siswa. Pada siklus II ketuntasan belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Petarukan Tahun Pelajaran 2010/2011 sebesar 95,45 % atau 38 siswa dari 42 jumlah siswa seluruhnya sehingga terdapat 2 siswa atau 4,55% belum tuntas. Hal ini berarti memenuhi indikator keberhasilan belajar karena tolok ukur ketuntasan belajar sekurang-kirangnya adalah sebesar 85%.
Hambatan yang dihadapi antara lain kebiasaan siswa yang masih mengandalkan bahan belajar yang diberikan oleh guru, sehingga persiapan siswa masih kurang dalam mengikuti proses belajar mengajar.
English :
MARYATI, NANIK.2011. The Efforts to Improve Learning Outcomes of Citizenship Education Subject PQ4R Method (Preview, Question, Reflect, Read, Recite, Review) Classroom Action Research Student Class VIII At SMP Negeri 4 Petarukan Pemalang Academic Year 2010-2011" Thesis. PPKN Studies Program Faculty of Teacher Training and Education. Pancasakti University Tegal. Advisor I: Drs.Subiyanto MPd., II.Dra.Tity Kusrina, M.Pd.
Keywords: Method PQ4R, Learning Outcomes.
The Methods of SQ4R (Preview, Question, Reflect, Read, Recite, Review) is a learning method that has the purpose for reading activities that can to implemented as short as possible but with high absorption. The SQ4R methods adopted in teaching, especially the learn Citizenship Education is one answer to the problem for a class VIII student SMP Negeri 4 Petarukan Pemalang Academic Year 2010-2011.
The Classroom Action Research (CAR) on efforts to improve learning outcomes of subjects with the method of Citizenship Education PQ4R performed 2 cycles. Each cycle consists of planning, observation, action and reflection. In this study using the technique of data questionnaires, tests and observation. The subjects were students in grade VIII A SMP Negeri 4 Petarukan Pemalang with the consist of 44 students. Students in learning activities using PQ4R on the subject of Civics subjects of state ideology of Pancasila in the activities of the question, recite, present the study results and concluded the learning outcomes are included in both categories, including activities to answer questions. Step-by-step method is to examine briefly PQ4R (Preview), make a list of questions (question), read (read), understand (recite), and review (review).
The application of PQ4R method in Civics learning can improve student learning outcomes, especially on the subject the state ideology of Pancasila. In the first cycle the student responses to the questionnaire results PQ4R methods with students' mastery of 81.82% or 32 out of 40 students. The list is not exhaustive 18.18% or 8 students. In the second cycle study subjects completeness Civics class VIII A SMP Negeri 4 Petarukan Pemalang Academic Year 2010/2011 amounted to 95.45% or 42 students of 44 students, there are 2 students or 4.55% unfinished. This means meeting the indicators measure the success of learning because learning completeness is at 85%.
Barriers faced by, among others, habits of students who still rely on learning materials provided by teachers, so that the preparation students are lacking in following the learning process.
2222011KI14 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain