Skripsi
Upaya Menegakkan Kedisiplinan Siswa Melalui Bimbingan Pribadi Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 1 Lebaksiu Tahun Pelajaran 2009 / 2010
Indonesia :
Basuki Rahmad, NPM : 1107500833, "Upaya Penegakan Kedisiplinan Siswa Melalui Bimbingan Pribadi Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 1 Lebaksiu"
Kedisiplin merupakan perwujudan dari sikap yang mengarah kepada kepatuhan terhadap peraturan yang menjadi landasan dalam bekerja maupun bertindak, sehingga arah dan tindakan tersebut mencapai kepada tujuan yang diharapkan. Proses bimbingan yang dilaksanakan guru dan siswa bermuara kepada pencapaian kedisiplinan. Dengan demikian bimbingan merupakan unsur penting dalam penegakan kedisiplinan belajar. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah; bagaimanakah upaya penegakan kedisiplinan anak didik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal ?.
Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk menjelaskan tentang tingkat disiplin siswa di SMP Negeri 1 Lebaksiu, 2) untuk menggambarkan tentang Penegakan Kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Lebaksiu , 3) untuk membuktikan ada atau tidak adanya pengaruh bimbingan pribadi terhadap penegakan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Lebaksiu
Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa faktor yang mempengaruhi atau mendukung penegakan kedisiplinan siswa banyak. Faktor-faktor itu antara lain; motivasi belajar, kedisiplinan belajar, sarana prasarana dan situasi serta kondisi lingkungan sekolah. Untuk mempermudah penulis dalam pembahasan penelitian ini dan mengingat keterbatasan waktu maka faktor yang diambil adalah tentang bimbingan pribadi, karena diduga mempunyai hubungan yang kuat dengan penegakan kedisiplinan siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian korelatif. Langkah-langkah yang ditempuh dalam pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner (angket), teknik wawancara dan observasi. Analisisnya menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) tingkat disiplin siswa sebelum dilaksanakannya prrogram bimbingan pribadi dengan indikator belajar terjadwal, teratur, datang ke sekolah tepat waktu, belajar di tempat khusus, belajar setiap waktu dan giat belajar dalam situasi apapun mencapai 87,80 atau 36,59 % yang berarti bahwa tingkat kedisiplinan siswa tersebut masuk dalam rentang katagori "sedang (sedang). 2) tingkat disiplin siswa sesudah dilaksanakannya prrogram bimbingan pribadi dengan indikator belajar terjadwal, teratur, datang ke sekolah tepat waktu, belajar di tempat khusus, belajar setiap waktu dan giat belajar dalam situasi apapun mencapai skor rata-rata 198,80 atau 82,83 % yang berarti bahwa tingkat kedisiplinan siswa tersebut masuk dalam rentang katagori "Tinggi" Dengan demikian maka layanan bimbingan pribadi pada siswa di SMP Negeri 1 Lebaksiu sangat efektif digunakan sebagai salah satu upaya untuk menegakkan kedisiplinan
English :
Basuki Rahmad, " Strive the Straightening Of Student Discipline [of] [Through/ Passing] Personal Tuition [At] Class Student 8 SMP Country 1 Lebaksiu
Discipline represent the materialization from attitude instructing to compliance to regulation becoming base in working and also acting, so that instruct and the action reach to expected target. Tuition process executed [by] teacher and student have estuary [to] to discipline attainment. Thereby tuition represent the important element in straightening of discipline learn. As for becoming internal issue this research [is]; What will be effort of[is Straightening of protege discipline [of] [at] student of class VIII [in] SMP Country 1 Lebaksiu ?
This Research target [is] 1) to explain about storey;level of student discipline [in] SMP Country 1 Lebaksiu 2) to depict about Straightening of student Discipline [in] SMP Country 1 Lebaksiu 3) to prove there [is] or personal tuition influence inexistence to straightening of student discipline [in] SMP Country 1 Lebaksiu
This research start from opinion that factor influencing or supporting the Straightening of that student Discipline a lot of. That factors for example; motivation learn the, discipline learn the, medium of prasarana and situation and also environmental condition [of] school. To water down the writer under consideration this research and remember the time limitation hence factor taken [by] [is] about personal tuition, because anticipated to have the strong [relation/link] by straightening of student discipline.
This research use the quantitative approach with the model of research korelatif. Stages;Steps which [is] [is] gone through in data collecting use the technique kuisioner ( enquette), technique interview and observation. Its analysis use the correlation of product moment.
Result of research shall be as follows 1) mount the student discipline [of] before implementation of personal prrogram tuition with the indicator learn the schedule, regular, come to timely school, learn special in place, learn each;every time and impetous learn in any situation reach 87,80 or 36,59 % meaning that the student discipline storey;level enter in spanning katagori " [is] ( [is] 2) mount the student discipline hereafter implementation of personal prrogram tuition with the indicator learn the schedule, regular, come to timely school, learn special in place, learn each;every time and impetous learn in any situation reach the mean score 198,80 or 82,83 % meaning that the student discipline storey;level enter in spanning katagori " High" Thereby hence personal tuition service [at] student [in] SMP Country 1 Lebaksiu very [is] effective used as [by] one of effort to uphold discipline.
2222011KI20 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain