Skripsi
ANALISA SISTEM PEMBANGKIT THERMOELEKTRIK DENGAN RANGKAIAN PARALEL PADA PEMANFAATAN PANAS BUANG MESIN TOYOTA COROLLA EFI
Indonesia :
Prawiro Anggianto, Analisa Sistem Pembangkit Thermoelektrik Dengan Rangkaian Paralel Pada Pemanfaatan Panas Buang Mesin Toyota Corolla EFI ". Program Studi Teknik Mesin S-1, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Pancasakti Tegal, 2011.
Pada tahun mendatang diperkirakan kebutuhan energi akan semakin bertambah sekitar 40% dari kebutuhan saat ini, seperti kita ketahui dari 100 % bahan bakar yang dipakai, hanya sekitar 30 % yang dipergunakan untuk menggerakan mobil. Sebagian besar energi terbuang dalam bentuk panas di radiator dan gas buangan.
Tujuan dari analisa ini adalah (1) untuk mengetahui cara memanfaatkan energi panas buang pada mesin Toyota Corolla EFI menjadi energi yang bermanfaat dengan sistem thermoelektrik (2) untuk mengetahui pengaruh rangkaian paralel komponen thermoelektrik terhadap kuat arus serta tegangan yang dihasilkan yang dihasilkan, dengan rangkaian itu akan dihasilkan listrik sesuai dengan jenis bahan yang dipakai.
Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu metode kepustakaan, interview, observasi.
Hasil Penelitian dapat disimpulkan (1) cara memanfaatkan energi panas buang pada mesin Toyota Corolla EFI adalah sebagai berikut Merangkai thermoelektrik dengan rangkaian paralel yang sudah terpasang pada sisi knalpot, hidupkan mesin dengan putaran mesin 1000 Rpm, sampai 3000 Rpm secara bertahap. Mulailah mengukur temperatur atas dan bawah dari thermoelektrik tersebut,dan juga mengukur kuat arus, tegangan yang akan dihasilkan pada thermoelektrik. Kita mengetahui hasil dari panas buang mesin tersebut pada thermoelektrik dengan rangkaian paralel (2) terdapat pengaruh pada rangkaian paralel tersebut dari penelitian komponen thermoelektrik yang dirangkai secara paralel ternyata dapat menghasilkan kuat arus dan tegangan yang dihasilkan dari panas buang knalpot yang terbuang. Pada putaran mesin 1000 Rpm menghasilkan kuat arus sebesar 0,5 ampere serta tegangan sebesar 0,9 volt dan temperatur rata-rata atas 54oC, temperature rata-rata bawah 95oC. putaran mesin 1500 Rpm menghasilkan kuat arus sebesar 0,9 ampere serta tegangan sebesar 1 volt dan temperatur rata-rata atas 59oC, temperature rata-rata bawah 111oC. putaran mesin 2000 Rpm menghasilkan kuat arus sebesar 1 ampere serta tegangan sebesar 1,2 volt dan temperatur rata-rata atas 61oC, temperature rata-rata bawah 119oC. putaran mesin 2500 Rpm menghasilkan kuat arus sebesar 1,5 ampere serta tegangan sebesar 1,5 volt dan temperatur rata-rata atas 56oC, temperature rata-rata bawah 123oC. putaran mesin 3000 Rpm menghasilkan kuat arus sebesar 1,5 ampere serta tegangan sebesar 2 volt dan temperatur rata-rata atas 61oC, temperature rata-rata bawah 127oC. Jika dipahami pengaruh rangkaian paralel memang masih sangat kecil untuk menghasilkan kuat arus serta tegangan. Semakin kuat arus yang digunakan,semakin besar pula kuat arus dan tegangan semakin kecil begitu juga sebaliknya.
Kata kunci : kuat arus, tegangan,dan modul thermoelektrik, temperatur
English :
Prawiro Anggianto, Analisa Sistem Pembangkit Thermoelektrik Dengan Rangkaian Paralel Pada Pemanfaatan Panas Buang Mesin Toyota Corolla EFI ". Program Studi Teknik Mesin S-1, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Pancasakti Tegal, 2011.
In the coming year is estimated to be growing energy needs increased by about 40% of current needs, as we know from 100% fuel used by only about 30% that is used to drive the car. part of the energy wasted in the form of the radiator and the gas is wasted purpose of
This analysis is to determine how to utilize waste heat energy in toyota corolla engine efficiently into energy useful to the system and to determine the effect thermolektrik parallel circuit thermoelektrik components generated strong currents and voltages generated electricity in accordance with the type of materials used.
In writing this essay the author collected data - data with methods of literature, interviews and observation.
There results can be conclude (1) for exhausted heat energy in Corrola EFI Toyota engines are asw follows. Arranging thermoelektrik with parallel circuit which is mounted on the exhaust side, turn the machine with 1000 rpm engine speed, gradually up to 3000 rpm. Start measuring the temperature of top and bottom of these thermoelektrik, and also a strong measure of current, voltage to be produced thermoelektrik. There we received the results from the engine exhaust heat is on with a series of parallel thermoelektrik. (2) there research on the influence of these parallel series of studies thermoelektrik components that were assembled in parallel to produce strong currents and tension resulting from the waste exhaust heat is wasted. at 1000 rpm to produce strong currents of 0.5 degrees Celsius ampere and voltage of 0.9 volt temperature - average above 45 degrees Celsius, the temperature - average 95 degrees Celsius below 1500 rpm to produce strong currents of 0.9 ampere and voltage of 1 volt and temperature - average 59 degrees Celsius.
temperature - average below 111 degrees Celsius. 2000 rpm producing a strong current of 1 ampere and voltage of 1.2 volts and temperatures average 61 degrees Celsius, the temperature - average below 119 degrees Celsius, 2500 rpm producing a strong current of 1.5 amperes and the voltage at 1, 5 volts and temperature - average 56 degrees Celsius, the temperature - average below 123 degree Celsius. 3000 rpm to produce strong currents of 1.5 amperes and the voltage of 2 volts and temperature - average 61 degrees Celsius, the temperature - average below 127 degrees Celsius. if understood parallel pengaruhrangkaian is still very small to generate strong currents and voltages. the stronger the currents used, the greater the stronger the smaller the current and voltage and vice versa.
Key words : ampere, temperature, voltase, thermoelektrik
932011KI3 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain