rtabel, N=52 nilai rtabel = 0,287. (0,602 > 0,287) maka menerima Hipotesis dan terbukti secara empiris kebenarannya." />
Skripsi
PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENANGANAN DISIPLIN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010-2011
ABSTRAK
SITI MA'RIFAH.2011. "Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Penanganan Disiplin Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2010-2011". Bimbingan dan Konseling. Drs.Sugityanto,HN,M.Pd. Drs. Sukoco, KW. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal..
Kata kunci : Bimbingan Konseling, disiplin, dan prestasi belajar.
Kepatuhan dan ketaatan peserta didik terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang yang berlaku di sekolahnya itu biasa disebut disiplin peserta didik. Sedangkan peraturan, tata tertib, dan berbagai ketentuan lainnya yang berupaya mengatur perilaku peserta didik lazim dipahami sebagai disiplin sekolah. Rumusan masalah penelitian ini (1) bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling dalam penanganan disiplin di SMP Negeri 7 Tegal?, (2) bagaimana prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Tegal?, (3) apakah ada pengaruh peranan guru bimbingan dan konseling dalam penanganan disiplin sekolah terhadap prestasi belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2010-2011? Tujuan Penelitian untuk mengetahui (1) peranan guru bimbingan dan konseling dalam penanganan disiplin di SMP Negeri 7 Tegal, (2) untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Tegal. (3) untuk mengetahui pengaruh peranan guru bimbingan dan konseling dalam penanganan disiplin sekolah terhadap prestasi belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2010-2011. Hipotesis penelitian "Ada pengaruh peranan guru bimbingan dan konseling dalam penanganan disiplin sekolah terhadap prestasi belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2010-2011'
Populasi penelitian berjumlah 106 adapun sampel 52, dihitung berdasarkan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data mengguanakan kuesioner. Uji prasyarat penelitian validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi dam determinasi.
Hasil korelasi rhitung - 0,602. Artinya hubungan antara peranan guru bimbingan dan konseling dalam penanganan disiplin sekolah terhadap prestasi belajar pada peserta didik adalah positif dan kuat. Karena rhitung > rtabel, N=52 nilai rtabel = 0,287. (0,602 > 0,287) maka menerima Hipotesis dan terbukti secara empiris kebenarannya.
BK0911169 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain