Skripsi
PERANAN KELUARGA DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KRAMAT TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
PURWANTI,RINI. 2011.NPM : 1107500639. Judul Skripsi Peranan Keluarga Dalam Upaya Mengembangkan Kreatifitas Peserta Didik kelas XI di SMA N 1 Kramat kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I : Drs. Soebianto,M.Pd. Pembimbing II : Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci : Peranan Keluarga dan Kreatifitas
Keluarga sangat berpera bagi perkembangan kreatifitas anak, dan juga menentukan sikap demokrasi anak, karena orang tua menjadi basis nilai bagi anak. Masalah yang muncul adalah Bagaimana peranan keluarga dalam upaya mengembangkan kreatifitas peserta didik kelas XI di SMA N 1 Kramat kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas SMA N 1 Kramat yang berjumlah 360 peserta didik. Sample 10% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 36 peserta didik. Variable penelitian adalah peranan keluarga (variable bebas) sebagai variable penyebab, dan kreatifitas (variable terikat) sebagai variable akibat. Kedua variable tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan interview. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korealsi product moment,sedangkan uji reliabilitas ini menggunakan rumus alpha, teknik analisis menggunakan korelasi product moment.
Analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik yang bersifat kuantitatif dan hasil analisis menunjukan bahwa perhitungan statistic pada taraf signifikan 5% N = 36 diperoleh sebesar 0,329 dari perhitungan r hitung > r tabel yaitu 0,769 > 0,329, denga demikia hipotesis kerja ( Ha) yang diajukan bahwa " Terdapat pengaruh yang signifikan antara peranan keluarga dalam upaya mengembangkan kreativitas peserta didik kelas XI di SMA N 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011" dinyatakan diterima.
Simpulan bahwa peranan keluarga berpengaruh positif dan signifikan dalam upaya mengembangkan kreativitas peserta didik kelas XI di SMA N 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Tingkat peranan keluarga dalam upaya mengembangkan kreativitas adalah "sedang" (27,7%) dan "tinggi" (27,7%) dan peran keluarga sebagai mentoring adalah Tertinggi (28,89%), sedangkan tingkat kreativitas peserta didik adalah "sedang" (25%) dan "tinggi" (25%). Saran bagi pihak sekolah dapat ikut mendukung segala jenis kreativitas peserta didik selama semuanya bersifat positif, bagi kepada peserta didik tingkatkan kreativitasnya, bagi keluarga diharapkan keluarga bisa mendukung segala kreatifitas yang dimiliki oleh anak.
BK0911146 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain