dari nilai r pada tabel 5% sebesar 0,312, sehingga hipotesa kerja (Ha) yang berbunyi "Ada pengaruh layanan informasi dan pembentukan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011", dinyatakan diterima, sebaliknya hipotesa nihil (Ho) yang berbunyi "Tidak ada pengaruh layanan informasi dan pembentukan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011", dinyatakan ditolak. Berdasarkan hasil analisis pengaruh layanan informasi pada pembentukan rasa percaya diri peserta didik diketahui rhitung = 0,352. Dengan demikian sumbangan peran layanan informasi pada pembentukan rasa percaya diri peserta didik dengan menggunakan koefisien determinasi yaitu r2 = 0,352 x 0,352 = 0,124 x 100 % = 12,4 % yang berarti sumbangan layanan informasi memberikan kontribusi terhadap rasa percaya diri sebesar 12,4% sedangkan sisanya sebesar 78,6% merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Saran dalam penelitian ini guru dapat menerapkan metode layanan informasi dengan benar dan sesuai. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang telah dijelaskan oleh guru." />