dari nilai r pada tabel 5% sebesar 0,312, sehingga hipotesa kerja (Ha) yang berbunyi "Ada pengaruh layanan informasi dan pembentukan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011", dinyatakan diterima, sebaliknya hipotesa nihil (Ho) yang berbunyi "Tidak ada pengaruh layanan informasi dan pembentukan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011", dinyatakan ditolak. Berdasarkan hasil analisis pengaruh layanan informasi pada pembentukan rasa percaya diri peserta didik diketahui rhitung = 0,352. Dengan demikian sumbangan peran layanan informasi pada pembentukan rasa percaya diri peserta didik dengan menggunakan koefisien determinasi yaitu r2 = 0,352 x 0,352 = 0,124 x 100 % = 12,4 % yang berarti sumbangan layanan informasi memberikan kontribusi terhadap rasa percaya diri sebesar 12,4% sedangkan sisanya sebesar 78,6% merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Saran dalam penelitian ini guru dapat menerapkan metode layanan informasi dengan benar dan sesuai. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang telah dijelaskan oleh guru." />
Skripsi
STUDI TERHADAP PERAN LAYANAN INFORMASI PADA PEMBENTUKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII MTs NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
TRIAS WINARSIH, NPM : 1108501099, 2011. Studi Terhadap Peran Layanan Informasi Pada Pembentukan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Dino Rozano, M.Pd dan Pembimbing II Suriswo, S.Pd, M.Pd.
Kata kunci : Layanan Informasi, Pembentukan Rasa Percaya Diri
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap pembentukan rasa percaya diri siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini adalah Ha : ada pengaruh layanan informasi pada pembentukan rasa percaya diri siswa kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 dan Ho : tidak ada pengaruh layanan informasi pada pembentukan rasa percaya diri siswa kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011".
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun 2010/2011 yang berjumlah 40 siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif prosentase dan korelasi product moment..
Berdasarkan hasil analisis data Layanan informasi pada peserta didik kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam kategori baik dilihat dari hasil distribusi frekuensi prosentase layanan informasi yang diperoleh dalam kategori baik sebanyak 24 responden atau sebesar 60%. Rasa percaya diri pada peserta didik kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam kategori baik dilihat dari hasil distribusi frekuensi prosentase rasa percaya diri yang diperoleh dalam kategori baik sebanyak 25 responden atau sebesar 62,5 %. Hasil penelitian Studi Terhadap Peran Layanan Informasi Pada Pembentukan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 diperoleh angka teoritik sebesar 0,352 > dari nilai r pada tabel 5% sebesar 0,312, sehingga hipotesa kerja (Ha) yang berbunyi "Ada pengaruh layanan informasi dan pembentukan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011", dinyatakan diterima, sebaliknya hipotesa nihil (Ho) yang berbunyi "Tidak ada pengaruh layanan informasi dan pembentukan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011", dinyatakan ditolak. Berdasarkan hasil analisis pengaruh layanan informasi pada pembentukan rasa percaya diri peserta didik diketahui rhitung = 0,352. Dengan demikian sumbangan peran layanan informasi pada pembentukan rasa percaya diri peserta didik dengan menggunakan koefisien determinasi yaitu r2 = 0,352 x 0,352 = 0,124 x 100 % = 12,4 % yang berarti sumbangan layanan informasi memberikan kontribusi terhadap rasa percaya diri sebesar 12,4% sedangkan sisanya sebesar 78,6% merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak diteliti.
Saran dalam penelitian ini guru dapat menerapkan metode layanan informasi dengan benar dan sesuai. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang telah dijelaskan oleh guru.
BK0911163 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain