Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MASUK SEKOLAH PADA JAM PELAJARAN PERTAMA MELALUI HUKUMAN BERJENJANG PADA KELAS IXB DI SMP NEGERI 1 BOJONG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ( Penelitian Tindakan Kelas Siswa IX B Semester Genap SM
ABSTRAK
PURNOMO,ARI , 2011 Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Masuk Sekolah Pada Jam Pelajaran Pertama Melalui Hukuman Berjenjang di SMP Negeri 1 Bojong Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011. PTK. Bimbingan dan Konseling. Drs.SUKOCO KW,M.Pd. SURISWO,M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal
Kata Kunci : Peningkatan Kedisiplinan
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari upaya peningkatan disiplin bagi siswa yang datang terlambat saat pelajaran jam pertama melalui hukuman berjenjang pada kelas IX B SMP Negeri 1 Bojong semester genap Tahun Pelajaran 2010/2011.
Lokasi Penelitian adalah SMP Negeri 1 Bojong Kab Tegal. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan yaitu dimulai pada bulan Januari 2011 sampai dengan Juni 2011 pada hari efektif kegiatan belajar mengajar. Subyek Penelitian Tindakan Kelas adalah siswa SMP Negeri 1 Bojong Kab.Tegal pada kelas IX B Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus. Pada bulan Januari 2011 dimulai Pra Tindakan. Pada bulan Pebruari 2011 proses Siklus I, dan bulan Maret 2011 proses siklus II.
Hasil penelitian: Pada pra siklus pada bulan januari 2011 terdapat 25 siswa yang terlambat dan hanya 7 yang tidak terlambat. Siklus I pada bulan Pebruari 2011 terdapat 12 keterlambatan siswa dan 20 yang tidak terlambat. Siklus II pada bulan Maret 2011 terdapat 4 siswa yang terlambat dan 28 siswa tidak terlambat. Hal ini menunjukkan keberhasilan tindakan kelas yang dilakukan atas permasalahan keterlambatan siswa pada saat jam pertama pelajaran. Sehingga hipotesis yang mengatakan "Diduga dengan diadakannya upaya tindakan pendisiplinan dengan hukuman berjenjang bagi siswa yang datang terlambat pada pelajaran jam pertama kelas IX B SMP Negeri 1 Bojong semester genap Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat meningkatkan ketepatan waktu masuk pada pelajaran jam pertama" terbukti kebenarannya.
Namun demikian masih diperlukan adanya tindakan kelas siklus III,sehingga benar - benar tidak didapati permasalahan adanya siswa terlambat pada jam pelajaran pertama.Guru juga harus memberikan contoh untuk disiplin waktu terutama pada sat jam pelajaran pertama,jangan sampai siswa yang menunggu gurunya dikarenakan gurunya belum datang pada jam pelajaran pertama. Hal ini akan dapat mudah dicontoh oleh siswa sehingga menghabat tindakan kelas yang telah dilakukan.
BK0911119 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain