Skripsi
METODE MENYAMPAIKAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN CERAMAH DAN DEBAT DI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NURUL ULUM DESA BLENDUNG KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010-2011
ABSTRAK
Ika Indra Sanjaya. 2011. Metode Menyampaikan Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Ceramah dan Debat di dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Kelas VIII MTS Nurul Ulum Desa Blendung Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011 Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Yanuarto, SE, MM, SH, MH Pembimbing II Muhaimin Sadirun, SH, MH
Kata kunci : Ceramah dan Debat di Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik.
Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi peserta didik terhadap metode pengajaran ceramah dan debat, penelitian ini dapat bertujuan meningkatkan penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran agar hasil yang dicapai semaksimal mungkin. Menumbuhkan sikap profesionalisme tenaga guru yang memiliki kemampuan retorika atau berbahasa dengan baik dengan menggunakan logika agar dapat pengembangan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Clasroom Action Research yang dilakukan melalui dua siklus kegiatan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflecting). Media pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah dan debat. Objek penelitiannya adalah peserta didik MTS NURUL ULUM Desa Blendung kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) presetasi belajar peserta didik meningkat dari nilai rata-rata 66% sebelum perbaikan menjadi 72% pada siklus I dan 80% setelah siklus II.
Saran dari peneliti adalah sebaiknya dalam pembelajaran yang dilakukan guru untuk meningkatkan penguasaan materi peserta didik mata pelajaran PKn, yaitu (1) Menyampaikan materi pelajaran dengan metode yang bervariasi agar peserta didik tidak merasa bosan. (2). Mencari alternative yang lebih tepat apabila sebuah teknik pembelajaran yang digunakan kurang tepat. (3). Merencanakan pembelajaran dengan sungguh-sungguh agar menghasilkan metode pembelajaran yang baik. (4). Diharapkan peserta didik dapat memahami metode menyampaikan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan ceramah dan debat didalam meningkatkan prestasi peserta didik. (5). Dengan menggunakan metode ceramah dan debat suasana kelas menjadi hidup kondusif dalam mengikuti proses belajar mengajar.
PPKN0911106 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain