Skripsi
PENGARUH MATA PELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
Purwanti, Lilis. 2011. Pengaruh Mata Pelajaran Pengembangan Diri Terhadap Pembentukan Kepribadian Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Pembimbing I: Drs. Sukoco KW, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Sugiyanto HN, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Mata Pelajaran Pengembangan Diri, Kepribadian.
Penelitian ini dilatar belakangi, setiap peserta didik memiliki keinginan untuk mengembangkan dirinya secara optimal sesuai dengan bakat dan minat, potensi dan kecakapan serta kebutuhan dirinya yang realistis sesuai dengan karakteristik kepribadian, maka perlu dilayani secara tepat dan benar sehingga pada gilirannya dapat mengantarkan peserta didik untuk memiliki kepribadian yang sehat dan utuh.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh mata pelajaran pengembangan diri terhadap pembentukan kepribadian peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dengan teknik cluster sampling terdata 36 peserta didik. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu mata pelajaran pengembangan diri dan variabel terikat yaitu kepribadian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Uji validitas item menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua (split half) dengan cara ganjil dan genap. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus korelasi product moment oleh Pearson.
Dari tabel analisis data, diperoleh nilai r hitung sebesar 0,779. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan r tabel dengan jumlah responden (N) = 36 peserta didik, taraf signifikan 5% ternyata nilai r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,779 > 0,329. Maka dinyatakan bahwa hipotesis penelitian ini adalah Ha = diterima yang berbunyi "Ada pengaruh yang signifikan antara mata pelajaran pengembangan diri terhadap pembentukan kepribadian peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2010/2011".
Saran yang dapat direkomondasikan adalah pengembangan diri akan mencakup banyak kegiatan sekaligus juga banyak melibatkan orang, oleh karena itu diperlukan pengelolaan dan pengorganisasian tersendiri. Namun secara prinsip, bahwa pengelolaan dan pengorganisasian pengembangan diri betul-betul diarahkan untuk melayani seluruh peserta didik agar dapat mengembangkan dirinya secara optimal, sesuai bakat, minat, dan kebutuhannya masing-masing sehingga agar dapat berkembang perlu dilayani secara tepat dan benar. Pengembangan diri menjadi wilayah garapan bersama antara komponen pembelajaran dan komponen Bimbingan dan Konseling di sekolah dengan keunikan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
BK0911145 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain