Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN TRAIT & FACTOR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK BERMASALAH BELAJAR PADA KELAS VIII MTs. ASY-SYAFI'IYYAH JATIBARANG BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
Ollivia, Istiana. 2011. Keefektifan Layanan Konseling Individu Dengan Pendekatan Trait & Faktor Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Bermasalah Belajar Pada Kelas VIII Mts. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Drs. Sukoco KW, M.Pd. Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Belajar, Prestasi, Konseling Individu, Pendekatan Trait dan Faktor.
Dalam suatu proses pembelajaran, peserta didik di sekolah tentunya memiliki beberapa masalah dalam belajar, masalah tersebut ada yang berasal dari dalam individu maupun dari luar individu sehingga sangat mempengaruhi proses belajar peserta didik yang dapat menyebabkan menurunya prestasi belajar peserta didik tersebut. Penggunaan layanan konseling individu dengan pendekatan trait dan faktor ingin menyadarkan permasalahan yang dialami peserta didik yang didasarkan pada tujuan konseling trait dan faktor yaitu mengajak konseli (peserta didik) berpikir mengenai dirinya dan menemukan masalah dirinya serta mengembangkan cara-cara keluar dari masalah tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah dilaksanakannya konseling individu dengan pendekatan trait dan faktor dan juga untuk mengetahui keefektifan layanan konseling individu dengan pendekatan trait dan faktor.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : terdapat keefektifan layanan konseling individu dengan pendekatan trait & faktor terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik bermasalah belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang Brebes, Tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 300 peserta didik. Dari 300 Peserta didik tersebut diambil 40 sampel secara purposive yaitu pengambilan sampel yang didasarkan pada tujuan tertentu, karena dalam pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengambil subyek yang paling banyak mengandung ciri-ciri yang terdapat dalam populasi.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner (angket) yang dilakukan pada sampel peneliti. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan dari hasil analisis dengan menggunakan uji-t, hasil perhitungan tersebut untuk thitung = 5,21 dengan ttabel 0,05 dan derajat kebebasan N-1 = 40-1 = 39 maka di dapat ttabel = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel atau (5,21 > 2,04). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Dengan demikian bahwa terdapat keefektifan layanan konseling individu dengan pendekatan trait & faktor terhadap peningkatan prestasi belajar kelas VIII MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang Tahun Pelajaran 2010/2011.
BK0911147 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain