Skripsi
STUDI TERHADAP HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN ( IQ ) DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI BIMBINGAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 (Studi Deskriptif Analitik Pada Peserta Didik Kel
ABSTRAK
Siti Maslihah, 1107500641, Studi Terhadap Hubungan Tingkat Kecerdasan (IQ) dengan peningkatan prestasi belajar melalui bimbingan belajar pada peserta didik SMP Negeri 3 Ketanggungan tahun pelajaran 2010 / 2011 (Studi Deskriptif Analitik pada peserta didik kelas VII) Skripsi S1, Program studi Bimbingan Konseling -FKIP - UPS. Pembimbing (I) Dr.Maufur.,M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Dino Rozano.,M.Pd.
Kata kunci : Tingkat kecerdasan, Prestasi belajar dan Bimbingan belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya anggapan masyarakat bahwa bahwa prestasi belajar merupakan cerminan dari tingkat kecerdasan yang dimiliki peserta didik, semakin baik prestasi belajar yang diperoleh maka akan semakin tinggi peringkat kecerdasannya. Sehingga memunculkan suatu masalah peserta didik yang memiliki nilai buruk dicitrakan sebagai peserta didik yang lamban padahal setiap peserta didik pada dasarnya memiliki kemampuan yang berbeda. Dan untuk memperbaiki prestasi belajar peserta didik yang memiliki prestasi yang kurang baik pihak sekolah dapat memberikan bimbingan belajar untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Tingkat kecerdasan peserta didik (2) Peringkat prestasi belajar peserta didik (3) Pelaksanaan layanan bimbingan belajar (4) Hubungan antara tingkat kecerdasan dengan peningkatan prestasi belajar melalui bimbingan belajar.
Untuk mendukung kajian secara ilmiah maka beberapa landasan teori yang mengetengahkan tentang studi terhadap hubungan tingkat kecerdasan dengan peningkatan prestasi belajar melalui bimbingan belajar, peneliti memilih peserta didik kelas VII SMP N 3 Ketanggungan sebagai subyek populasinya, dengan menggunakan teknik cluster random sampling didapat sampel sejumlah 27 peserta didik. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan (1) tes IQ (2) angket (3) observasi, setelah data terkumpul dianalisis dengan teknik (1) deskrptif prosentase (2) korelasi linier berganda. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa : (1) Rata - rata tingkat kecerdasan yang dimiliki peserta didik berada dalam klasifikasi intelegensi rata - rata yaitu dengan perolehan nilai 106 dengan prosentase 33,33%. (2) Rata - rata tingkat prestasi belajar peserta didik kelas sudah baik dengan rata - rata nilai 72 dengan prosentase 37,05%. (3) Rata - rata nilai pemberian layanan bimbingan belajar yang diberikan pada peserta didik memperoleh nilai yang baik yaitu dengan rata - rata nilai 65 dengan prosentase 40,74%. (4) Terdapat hubungan antara tingkat kecerdasan dengan peningkatan prestasi belajar melalui bimbingan belajar. Saya ajukan saran : (1) Pihak sekolah diharapkan untuk terus berusaha untuk menggali potensi yang dimiliki peserta didik melalui kegiatan bimbingan dan kegiatan ekstra kulikuler yang ada disekolah.(2) Guru pembimbing diharapkan dapat terus meningkatkan pemberian layanan bimbingan belajar pada peserta didik. (3) Prestasi yang telah dicapai peserta didik sudah baik namun peserta didik dapat harus terus berusaha meningkatkan prestasinya dengan memanfaatkan waktu sebaik - baiknya untuk belajar dan berlatih.
BK0911135 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain