Skripsi
IMPLEMNTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKA KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENDIDIKAN POLITIKMASYARAKAT PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
CINDRAWATI. 2011. Implementasi Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Pendidikan Politik di Masyarakat pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI Brebes. Skripsi. Pendidikan Kewarganegaraan. Drs. Nurcholis, M.Pd.,Dra.Tity Kusrina M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Politik.
Sehubungan dengan kondisi masyarakat yang ada serba keterbelakangan dan ketidaktahuan tentang politik untuk merangsang partisipasi aktif rakyat dalam gerak pembangunan perlu adanya pendidikan politik yang diberikan mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa khususnya pada siswa SMP PGRI Brebes yang mengintegrasikan pendidikan politik di Indonesia yaitu Pancasila,UUD 1945, Sumpah Pemuda 1928.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1).Bagaimanakah pelaksanaan pendidikan politik yang diterapkan pada siswa?(2).Faktor-faktor apa sajakah yang mendukung pelaksanaan pendidikan politik diterapkan pada siswa? (3).Bagaimana cara mengatasi kendala dalam pelaksanaan pendidikan politik diterapkan pada siswa?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi pelaksanaan mata pelajaran PKn terhadap pendidikan politik pada siswa kelas VIII SMP PGRI Brebes yang diajarkan dengan menggunakan metode simulasi, sosialisasi dan organisasi. Manfaat penelitian ini yaitu agar siswa mempunyai sikap dan tingkah laku politik untuk dimasa yang akan datang bertindak secara rasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan "purposive sample" pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi dan metode penguji hasil analisis dengan metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi mata pelajaran PKn terhadap pendidikan politik pada siswa belum optimal karena pada proses belajar mengajar guru mengintegrasikan pendidikan politik pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan metode simulasi, evaluasi dan keteladanan agar siswa mampu mengemukakan pendapat, menghargai dan empati terhadap orang lain. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan politik pada siswa tidak lepas dari peran guru dalam proses belajar mengajar, pemahaman yang lebih mendalam untuk mencapai tujuan yang digariskan. Untuk mengatasi kendala yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan pendidikan politik yaitu diadakan kegiatan ekstrakulikuler dan penambahan jam pelajaran pada mata pelajaran PKn.
Berdasarkan hasil penelitian saya merekomendasikan untuk sekolah yang bersamgkutan (SMP PGRI Brebes) agar diberikan perpanjangan waktu pada jam mata pelajaran PKn karena pendidikan politik diintegrasikan pada mata pelajaran PKn dan model pelajaran pendidikan politik ditingkatkan kreatifitasnya siswa lebih bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar khususnya. mata pelajaran PKn yang ada muatan pendidikan politik sebagai proses pembangunan insan politik.
PPKN0911101 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain