rt untuk taraf signifikan 5%. Dari hasil tersebut berarti hipotesis nihil (Ho) yang diajukan dinyatakan ditolak, dan hipotesa kerja (Ha) dinyatakan diterima. Hal tersebut berarti ada pengaruh yang signifikan anara kegiatan ekstra kurikuler terhadap pengembangan diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan Kab. Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011" Saran dalam penelitian ini perlunya di adakan kegiatan ekstra kurikuler disekolah-sekolah Tingkat Menengah Pertam (SMP) untuk pengembangan diri bagi peserta didik." />
Skripsi
PENGARUH KEGIATAN EKSTRA KURIKULER TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 4 PETARUKAN KAB. PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
RISNOWATI, IIN, NPM.1107500612 . Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pengembangan Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan Kab. Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011" pembimbing I Drs. Sukoco KW M.Pd, Pembimbing II Dra. Sri Sumarsih, M.Pd.
Kata Kunci : Kegiatan Ektra Kurikuler, Pengembangan Diri.
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, sehingga mengakibatkan rendahnya pengembangan diri peserta didik yang cenderung tidak berperan aktif dalam pelayanan pengembangan diri.
Penelitian ini memiliki permasalahan dan tujuan yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Kegiatan Ekstra kurikuler Terhadap Pengembangan Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan Kab. Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011" dan untuk memberikan pemahaman bahwa proses belajar diluar mata pelajaran juga tidak kalah penting sehingga peserta didik akan dapat mengekpresikan potensi dan bakat yang dimilikinya.
hipotesis nihil(ho) yang berbunyi : tidak ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstra kurikuler terhadapa pengembangan diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan Kab. Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011" dan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi : ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstra kurikuler terhadapa pengembangan diri Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan Kab. Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011" Jenis penelitian dalam skripsi ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian berjumlah 120 Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan Kab. Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011". Dari jumlah populasi tersebut, 40 peserta didik diantaranya diambil sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sistematik sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok dan wawancara serta dokumentasi sebagai metode bantu. Sementara metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus Korelasi Product Momen dengan angka kasar.
Dalam analisis data di peroleh nilai korelasi atau r hitung (rhit) sebesar 0,476. sedangkan nilai korelasi dalam table (rt) dengan N=40, untuk taraf signifikan 5% adalah 0,312. Dengan demikian maka rhit > rt untuk taraf signifikan 5%. Dari hasil tersebut berarti hipotesis nihil (Ho) yang diajukan dinyatakan ditolak, dan hipotesa kerja (Ha) dinyatakan diterima. Hal tersebut berarti ada pengaruh yang signifikan anara kegiatan ekstra kurikuler terhadap pengembangan diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan Kab. Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011"
Saran dalam penelitian ini perlunya di adakan kegiatan ekstra kurikuler disekolah-sekolah Tingkat Menengah Pertam (SMP) untuk pengembangan diri bagi peserta didik.
BK0911173 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain