Skripsi
GAME KARTU BERBANTU LKS SARANA MEDIA KREATIF UNTUK MEMOTIVASI HASIL BELAJAR PKN PADA KOMPETENSI DASAR HAKEKAT DAN ARTI PENTING HUKUM BAGI WARGA NEGARA (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Pel
ABSTRAK
SENIATI, 2011, "Game Kartu Berbantu LKS sarana media kreatif untuk memotivasi hasil belajar pada kompetensi dasar Hakekat dan Arti Penting Hukum bagi Warga Negara (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal tahun 2010/2011)". Skripsi Pendidikan Kewarganegaraan, Drs. Yanuarto, S.E, MM, S.H, M.H Muhaimin Sadirun, S.H, M.H, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Game Kartu, LKS, Motivasi Hasil Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin melemahnya kualitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Materi pelajaran tidak kontektual dan kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun produksi belajarnya. Karena guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan tradisional.
Keadaan tersebut potensial menumbuhkan kejenuhan dan kebosanan serta menurunkan minat dan motivasi belajar. Disini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran. Peningkatan kreativitas mengajar guru mutlak diperlukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisanya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui 2 tahapan siklus. Dalam penelitian tindakan kelas ini, langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal dalam kompetensi dasar Hakekat dan Arti Penting Hukum bagi Warga Negara melalui pendekatan Game Kartu berbantu LKS.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 32 siswa terdiri atas 14 siswa putra dan 18 siswa putri dan seorang pengamat sebagai teman sejawat. Cara pengambilan penelitian ini dengan mengumpulkan nilai tes formatif I dan II dan nilai kuis. Sebagai tolok ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Hakekat dan Arti Penting Hukum bagi Warga Negara meningkat yaitu nilai rata-rata yang dihasilkan 65 atau lebih dan siswa yang mendapatkan nilai 65 atau lebih sejumlah minimal 85 % dari jumlah siswa
Hasil observasi selama siklus I dan siklus II menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yaitu aktivitas kelompok dan aktivitas siswa mengikuti pelajaran meningkat dibuktikan dari hasil tes formatif I rata-rata nilai sebesar 69,9 menjadi 78,8 pada tes formatif II. Demikian pula proses belajr mengajar guru juga mengalami peningkatan dari 71,6 % pada siklus I menjadi 85 % pada siklus II. Hasil belajar siklus I sudah memenuhi KKM tetapi secara klasikal belum terpenuhi sedangkan pada siklus II sudah memenuhi KKM dan ketuntasan secara klasikal. Itu berarti dengan menggunakan pendekatan game kartu berbantu LKS.dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal.
PPKN0911105 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain