Skripsi
HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI I DUKUHWARU TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
SETYOWATI, 2011. Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri I Dukuhwaru Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I Dr. H. Basukiyatno, M.Pd dan Pembimbig II : Dra. H. Faridah, M.Si. Universitas Pancasakti Tegal. 71 halaman
Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Minat Belajar mata pelajaran IPS.
Salah satu bentuk perhatian orang tua adalah kegiatan belajar di rumah karena memiliki faktor psikologis yang kuat terhadap perkembangan dan keberhasilan dalam meningkatkan minat belajar anak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana perhatian orang tua dengan anaknya yang menjadi peserta didik SMP Negeri I Dukuhwaru. 2) Bagaimana minat belajar peserta didik SMP Negeri I Dukuhwaru. 3) Apakah ada hubungan yang positif antara perhatian orang tua dengan minat belajar peserta didik SMP Negeri I Dukuhwaru kabupaten Tegal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode deskritif yang bersifat korelasional. Metode penentuan subjek penelitian ini antara lain: Populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri I Dukuhwaru yang berjumlah 333 peserta didik, terdiri 9 kelas, setiap kelas ada 37 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil 1 kelas yaitu kelas VIIIi. Ada 2 variabel dalam penelitian ini yaitu: Perhatian orang tua sebagai variabel bebas (X) dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri I Dukuhwaru sebagai variabel terikat (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi.
Dari hasil analisis ditemukan rumus uji-t, hasil perhitungan tersebut untuk thitung = 2,838 dengan ttabel 0,05 dan derajat kebebasan (dk)= n-2 = 60-2 = 58 maka di dapat ttabel = 2,009. Dengan demikian thitung > ttabel atau 2,838 > 2,09 sehingga hipotesis dalam peneltian ini diterima bahwa terdapat hubungan perhatian orang tua dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri I Dukuhwaru Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat diterima.
Diharapkan orang tua siswa hendaknya dapat lebih meningkatkan perhatiannya terhadap belajar anak di rumah, peserta didik hendaknya belajar dengan giat agar memperoleh prestasi yang memuaskan, di samping juga menuruti bimbingan dan nasihat orang tua dan memanfaatkan sebaik-baiknya segala fasilitas belajar yang mereka berikan. Guru hendaknya lebih dapat meningkatkan hubungan dengan pihak orang tua agar dapat berbagi informasi tentang keadaan anak, baik kepribadiannya, cara belajarnya maupun hal lain yang dapat digunakan oleh guru dalam membimbing siswa di sekolah, serta melibatkan orang tua secara langsung di dalam menghadapi kesulitan dan memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik di sekolah maupun di rumah.
PE0911109 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain