Skripsi
ANALISIS KONSELING DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR THERAPY (Studi Kasus Berpacaran di Sekolah Pada Peserta Didik Kelas IX MTs. Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
MURTIAH. 2011. Skripsi. Berjudul "Analisis Konseling Dengan Pendekatan Behavior Therapy (Studi Kasus Berpacaran di Sekolah Pada Peserta Didik Kelas IX MTs. Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Progdi : Bimbingan dan Konseling FKIP UPS Tegal, Pembimbing I Drs. Sukoco KW., dan Pembimbing II Dr. Suriswo, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci : Berpacaran, Konseling Dengan Pendekatan Behavior Therapy
Masa perkembangan peserta didik kelas IX MTs adalah berada pada usia 14-15 tahun dan termasuk dalam kategori masa remaja yang secara fisik dan sosial mulai memiliki minat terhadap lawan jenis. Namun sayangnya pada masa itu pula remaja sering mengalami krisis penyesuaian diri dan krisis moral.
Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui bentuk kasus perilaku berpacaran di sekolah pada peserta didik kelas IX MTs. Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011? 20 untuk mengetahui model konseling dengan pendekatan behavior therapy terhadap kasus perilaku berpacaran di sekolah pada peserta didik kelas IX MTs. Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011? 3) untuk mengetahui deskripsi perilaku berpacaran di sekolah setelah pelaksanaan konseling pada peserta didik kelas IX MTs. Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011?.
.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX MTs. Negeri Lebaskiu Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011 Diantara 20 peserta didik tersebut terdapat kasus 15 peserta didik yang memiliki prestasi belajar cenderung menurun dan 5 peserta didik yang berperilaku negatif dalam berpacaran dalam kategori berat.
Teknik pengumpulan data yang adalah Metode Kasus sebagai metode Utama dan Metode Bantu yang terdiri dari : Dokumentasi yang meliputi Observasi Langsung dan Observasi Partisipan dan teknik analisis penelitian dengan pendeskripsian data melalui studi kasus serta Teknik Penyajian Hasil Analisis meliputi 1) Diagnosa masalah, meliputi : identifikasi kasus, lokalisasi jenis dan sifat kesulitan dan menetapkan factor penyebab kesulitan 2) Prognosa yaitu mengadakan estimasi tentang kesulitan 3) Terapi yaitu upaya-upaya tindakan dalam rangka penyembuhan kesulitan 4) Tindak lanjut (follow up) yaitu menemukan berbagai kemungkinan tindakan lanjutan dalam rangka penyembuhan kesulitan
Dari hasil analisis data, diketahui bentuk kasus perilaku berpacaran di sekolah pada peserta didik kelas IX MTs. Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat dikemukakan bahwa tingkat berpacaran siswa pada populasi penelitian digambarkan dihasilkan secara berturut kriteria ringan 50 %, sedang 25 %, Berat 25%. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tingkat berpacaran siswa pada populasi penelitian dihasilkan criteria yang tertinggi adalah ringan, Model konseling dengan pendekatan behavior therapy terhadap kasus perilaku berpacaran di sekolah pada peserta didik kelas IX MTs. Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan mengikuti alur Assesment, Goal Setting, Teknik Implementasi dan evaluasi terminasi.Deskripsi perilaku berpacaran di sekolah setelah pelaksanaan konseling pada peserta didik kelas IX MTs. Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 didapati seluruh siswa yang memiliki perilaku berpacaran dalam kategori berat dapat berhasil diarahkan kepada kebaikan.
.Saran yang dapat direkomendasikan adalah Kepada guru disekolah hendaknya dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga tidak ada waktu luang disekolah. Serta diharapkan dapat meningkatkan perhatiannya dalam membimbing siswa terutama dalam memberikan arahan untuk dapat mengurangi berpacaran disekolah siswa dan siswa dapat berperilaku yang baik. Dan Bagi orang tua khususnya di MTs. Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal, diharapkan dapat membantu mendorong putera-puterinya untuk dapat mengikuti pelajaran sekolah dengan baik dan mendorong anaknya yang mempunyai pacar disekolah untuk tidak menolak Konseling dengan Pendekatan Behavior Therapy pada sekolah.
BK0911164 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain