Skripsi
MODIFIKASI KERANGKA CHOPPER PADA MESIN VESPA
ABSTRAK
M. ABDUL KHAFID,2010." Proses Modifikasi Kerangka Cooper Pada Mesin Vespa" Laporan Tugas Akhir Jenjang Diploma III. Program Studi Tekhnik Mesin Fakultas Tekhnik Universitas Pancasakti Tegal 2010.
Pentingnya kerangka pada sepeda motor seperti juga kerangka pada manusia atau hewan. Salah satu fungsinya adalah sebagai tempat menempelknya komponen komponen sepeda motor. Umumnmya mesin berada di dalam kerangka akan tetapi pada kesempatan ini lengan ayun dan garpu tersambung dengan rangka melalui semacam persendian yang memungkinkan kedua komponen tesebut bergerak rangka sepeda motor juga berfungsi melindungi komponen komponen sensitif sepeda motor saat terjadi benturan. Tujuan dari proses pembuatan kerangka adalah untuk mengetahui cara memodifikasi kerangka sepeda motor dan bahan dasar apakah yang digunakan untuk membuat kerangka chopper, dan mengetahui kekuatan sambungan pengelasan modifikasi kerangka cooper pada mesin vespa. Metode yang digunakan dalam penyusunan proyek tugas akhir ini adalah metode studi pustaka, survey, observasi dan metode wawancara. Sedangkan proses modifikasi kerangka pada motor ini ada beberapa tahap antara lain Pengukuran, pemotongan, pengelasan, penggrindaan dan pengecetan. Hasil dari laporan proyek tugas akhir ini adalah proses modifikasi kerangka choper pada mesin vespa kerangka yaitu tediri dari beberapa tahap yaitu, dimana modifikasi kerangka meliputi pengukuran, pemotongan, pengelasan dan penggerindaan. Kemudian dilanjutkan dengan pengecetan. Bahan dasar yang digunakan dalam proses modifiksi ini adalah besi St 42, kerangka yang telah dimodifikasi dipasang mesin, kedudukannya dengan memperhatikan kekuatan sambungan las modifikasi kerangka sehingga mampu menopang beban maksimal 5424 kg.
Kata kunci : Modifikasi, kerangka, chooper, vespa
TM0911103 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain