Skripsi
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI MULTI LEVEL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
WINARTO, AGUS. 2011. Efektivitas Penggunaan Multi Level Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 17 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011).Skripsi. Pendidikan Matematika. Dra.Eleonora, DW. M.Pd. Moh. Shaefur Rokhman, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Strategi, Hasil Belajar Matematika
Penggunaan strategi dalam kegiatan pembelajaran sangat perlu karena untuk mempermudah proses pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil yang optimal. Tanpa strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sulit tercapai secara optimal, dengan kata lain pembelajaran tidak dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan Strategi Multi Level Learning dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan strategi konvensional pada kelas VII semester Genap SMP N 17 Tegal.
Populasi penelitian ini adalah kelas VII tahun pelajaran 2010/2011 di SMP Negeri 17 kota Tegal dengan jumlah 250 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 5 kelas sampel dengan jumlah 36 siswa untuk masing-masing kelas. Kelas yang diambil adalah kelas VII C dan VII B sebagai kelas eksperimen (dengan Strategi Multi Level Learning) dan kelas VII D dan VII E sebagai kelas kontrol (dengan strategi konvensional) serta kelas VII A sebagai kelas uji instrumen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes evaluasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada kelas uji instrumen yang mempunyai kemampuan sama dengan sampel penelitian ini. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji t.
Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 17 Tegal yang diajar dengan menggunakan strategi multi Level Learning lebih tinggi dengan nilai rata-rata 79,23 dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi konvensional dengan nilai rata-rata 61,59. Dengan rumus uji t, dapat diketahui bahwa thitung = 7,711 lebih besar dari pada ttabel=1,645 pada taraf signifikasi 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 142. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan strategi Multi Level Learning memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Kajian terhadap efektivitas penggunaan strategi multi level learning terhadap hasil belajar matematika ini perlu ditindak lanjuti dengan penelitian lain yang sejenis untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh strategi ini terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 17 Tegal. Disamping itu, penelitian tentang strategi ini dapat pula dikaji dari aspek-aspek yang lain, yaitu aspek motivasi, sarana dan prasarana, minat belajar dan sebagainya.
MIPA0911104 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain