Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN KARIR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN SEKOLAH SESUAI POTENSI DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
SUGENG.2011.Pengaruh bimbingan karir terhadap minat melanjutkan sekolah sesuai potensi diri pada peserta didik kelas VIII SMP N 1 Larangan Kabupaten Brebes tahun Pelajaran 2010/2011.Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Dr. Maufur. Dr. Dino Rozano M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: Bimbingan karir, minat melanjutkan sekolah sesuai potensi diri.
Keinginan untuk melanjutkan sekolah selalu dimiliki oleh setiap peserta didik, namun banyak peserta didik yang merasa pesimis mengingat kondisi kehidupan ekonomi orang tua, kemampuan belajar dan keinginan untuk melanjutkan sekolah yang beragam dan kebutuhan yang individualis baik dalam kehidupan disekolah atau di masyarakat. Untuk menumbuhkan minat melanjutkan sekolah pada peserta didik maka perlu diberikan layanan bimbingan karir.
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan karir terhadap minat melanjutkan sekolah sesaui potensi diri pada peserta didik kelas VIII SMP N 1 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Berdasarkan landasan teori, pada penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut: Terdapat pengaruh antara bimbingan karir terhadap minat melanjutkan sekolah sesuai potensi diri pada peserta didik kelas VIII SMP N 1 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Larangan Kabupaten Brebes tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 160 peserta didik. Dari 160 peserta didik tersebut diambil sampel secara random sampling dengan cara undian sebanyak 40 peserta didik yang merupakan 25 % dari populasi.
Metode pengumpulan data yang yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi, sementara teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik dengan menggunakan produk moment dan analisis deskriptif, analisis defkriptif yang digunakan deskriptif presentase dengan hasil untuk variabel X 35% dan variabel Y 47,5% . Dari hasil analisis data diperoleh nilai rxy ( rhitung) 0,925, dengan rtabel pada taraf signifikan 5% N 40 sebesar 0,312. Besarnya rhitung dari pada rtabel (0,925> 0,312). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Dan hasil analisis deskriptif variabel X tergolong kriteria tinggi sejumlah 14 peserta didik dengan prosentase 35%, dan variabel Y adalah tergolong tinggi sejumlah 19 peserta didik dengan prosentase 45,5%.
Dengan demikian kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan karir terhadap minat melanjutkan sekolah sesuai potensi diri pada peserta didik kelas VIII SMP N 1 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
BK0911106 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain