r-tabel pada taraf signifikan 5% = 0,349 dan taraf signifikan 1% = 0,449. Dalam hal ini r-hitungny adalah 0,443 atau dapat dikatakan (r-hitung > r-tabel). Dengan demikian hasil perhitungan r-hitung lebih besar dari nilai r product moment atau r-tabel, baik dalam taraf 5% maupun dalam taraf 1%. Jadi berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara bakat khusus terhadap penyesuaian diri peserta didik pada kelas VIII SMP 3 Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010 / 2011." />
Skripsi
P E N G A R U H BAKAT KHUSUS UNTUK MENYESUAIKAN DIRI DI SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
Prasetyo, Lucky Risya NPM 1106500261 Skripsi ini berjudul "Pengaruh Bakat Khusus Untuk Menyesusian Diri Di Sekolah Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP 3 Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Skripsi, Pembimbing I Drs. Soebianto,M.Pd Pembimbing II Drs. Sukoco, KW. Kata kunci : Bakat Khusus dan Penyesuaian Diri.
Permasalahan yang diungkap "apakah ada pengaruh yang positif antara bakat khusus terhadap penyesuaian diri peserta didik pada kelas VIII SMP 3 Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010 / 2011.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bakat khusus terhadap penyesuaian diri pada peserta didik kelas VIII SMP 3 Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010 / 2011.
Penelitian ini peneliti sample yaitu peserta didik kelas VIII SMP 3 Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010 / 2011 yang berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data dipilih metode dokumentasi dan metode angket atau skala psikologi mengenai angket bakat khusus dan angket penyesuaian diri siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif bakat khusus terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VIII SMP 3 Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Besarnya koefisien korelasi r-hitung > r-tabel pada taraf signifikan 5% = 0,349 dan taraf signifikan 1% = 0,449. Dalam hal ini r-hitungny adalah 0,443 atau dapat dikatakan (r-hitung > r-tabel).
Dengan demikian hasil perhitungan r-hitung lebih besar dari nilai r product moment atau r-tabel, baik dalam taraf 5% maupun dalam taraf 1%. Jadi berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara bakat khusus terhadap penyesuaian diri peserta didik pada kelas VIII SMP 3 Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010 / 2011.
BK0911107 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain