Skripsi
"Hubungan Antara Kondisi Lingkungan Sekolah Dengan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011"
ABSTRAK
NURWAHYUDI/1108501049. 2011. Hubungan Antara Kondisi Lingkungan Sekolah Dengan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Soebianto, M.Pd. dan Pembimbing II Suriswo, S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: kondisi, lingkungan, belajar
Lingkungan belajar di sekolah merupakan situasi yang turut serta mempengaruhi kegiatan atau aktivitas belajar individu. Aspek lingkungan sekolah meliputi relasi guru dan siswa, relasi siswa dengan siswa dan lain sebagainya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana aktivitas belajar di lingkungan SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Bagaimana kondisi lingkungan sekolah di lingkungan SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, (3) Bagaimana hubungan antara kondisi lingkungan skeolah dengan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Adapun tujuan penelitian adalah ; (1) ingin mengetahui keadaan kondisi lingkungan sekolah, (2) ingin mengetahui aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Tegal, (3) ingin mengetahui hubungan kondisi lingkungan sekolah dengan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 205 pada SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Tegal, sedangkan sampel yang kami ambil sebanyak 30 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara dan survey, angket telah diujicobakan di SMP Negeri 1 Bojong dengan seluruh item telah valid dan reliabel. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling proporsional.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh r hitung sebesar 0,923 dan t tabel sebesar 0,361 sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa. Hasil analisis deskriptif dengan variabel X sebanyak 53,3% dalam kategori baik dan variabel Y sebesar 40% dengan kategori baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru, sangat diharapkan senantiasa mengikuti perkembangan pada lingkungan sekolah, dimana semakin hari semakin tidak kondusif lingkungan sekolah dewasa ini, seperti bising dari kendaraan bermotor, suasana dan cuaca yang panas baik dalam sekolah atau luar sekolah.
BK0911108 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain