Skripsi
HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
SULAIMAN, M DEDE. NPM. 1107500626. Hubungan Antara Layanan Bimbingan Belajar Kelompok Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I Drs. Sukoco KW, M.Pd, Pembimbing II Drs.Sugiyanto HN, M.
Kata Kunci : Belajar kelompok,Motivasi Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang lebih menyukai layanan bimbingan belajar kelompok dengan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh hubungan antara layanan bimbingan belajar kelompok dengan motivasi belajar siswa pada kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara bimbingan belajar kelompok dengan motivasi belajar siswa pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011?
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011, yang jumlah keseluruhannya 160 yang terdiri atas 5 kelas. sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik Proportional Random Sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan angket sebagai metode pokok dan metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi, dengan tujuan agar data yang dikumpulkan benar-benar dapat dipercaya atau dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sedangkan data yang terkumpul selanjutnya di olah dengan menggunakan rumus Produck Moment.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan kelompok belajar dengan motivasi belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini bisa di buktikan dari hasil perhitungan analisis statistik di peroleh nilai rxy sebesar 0,468. Harga rxy tersebut dikonsultasikan dengan harga N=20 taraf signifikan 5% sebesar 0,28. hasilnya adalah rxy > rtabel pada taraf signifikan 5% atau 0,28. hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan terbukti atau dapat diterima dan signifikan.
BK0911109 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain