ttabel sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 1) ada perbedaan prestasi belajar matematika dengan pembelajaran berbasis komputer macromedia flash dan pembelajaran konvensional materi pokok pecahan dan bangun datar pada siswa kelas V semester II SDN Gugus Muhamad Yamin tahun pelajaran 2010/2011, 2) penggunaan media pembelajaran berbasis komputer macromedia flash lebih efektif terhadap prestasi belajar matematika dari pembelajaran konvensional materi pokok pecahan pada siswa kelas V semester II SDN Gugus Muhamad Yamin tahun pelajaran 2010/2011" />
Skripsi
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER DENGAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Gugus Muhamad Yamin Kecamatan Tarub Kabupat
ABSTRAK
SUBEKTI, AJI. 2011. NPM. 1708501395. "Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer dengan Software Macromedia Flash terhadap Prestasi Belajar Matematika. (Suatu Penelitian Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Gugus Muhamad Yamin Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)".Skripsi. Pendidikan Matematika. Dra. Eleonora D.W, M.Pd. Munadi, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : efektivitas, Media Pembelajaran Matematika dan Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika dengan pembelajaran berbasis komputer macromedia flash dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester II Sekolah Dasar Negeri Gugus Muhamad Yamin Tahun Pelajaran 2010/2011. 2) untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara pembelajaran dengan media berbasis komputer macromedia flash dan konvensional pada siswa kelas V semester II Sekoloah Dasar Negeri Gugus Muamad Yamin Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN di Gugus Muhamad Yamin Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling, yakni dengan memilih dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika sebagai akibat dari pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan pembelajaran matematika berbasis komputer macromedia flash. Pengambilan data dengan dokumentasi, dan metode tes. Dan pengolahan data menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t pihak kanan. Hasil analisis uji-t dua pihak diperoleh thitung 3,52. Nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,960 sehingga ada perbedaan pembelajaran matematika berbasis komputer macromedia flash dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika. Uji-t pihak kanan nilai thitung 3,52 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,645, perbandingan tersebut membuktikan bahwa thitung > ttabel sehingga Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 1) ada perbedaan prestasi belajar matematika dengan pembelajaran berbasis komputer macromedia flash dan pembelajaran konvensional materi pokok pecahan dan bangun datar pada siswa kelas V semester II SDN Gugus Muhamad Yamin tahun pelajaran 2010/2011, 2) penggunaan media pembelajaran berbasis komputer macromedia flash lebih efektif terhadap prestasi belajar matematika dari pembelajaran konvensional materi pokok pecahan pada siswa kelas V semester II SDN Gugus Muhamad Yamin tahun pelajaran 2010/2011
MIPA0911106 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain