Skripsi
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
RIZKA WATI NPM. 1107500640. 2011 Program Studi BK FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Dengan judul Hubungan Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I : Drs. Soebianto, M.Pd, Pembimbing II Suriswo, M.Pd
Kata Kunci: Motivasi, Disiplin, Belajar
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi belajar peserta didik, bagaimana disiplin belajar peserta didik dan adakah hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik, untuk mengetahui disiplin belajar peserta didik dan untuk mengetahui besarnya hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 220 peserta didik, sampel 15 % dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 33 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik proposional random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah motivasi belajar (variabel bebas) dan disiplin belajar (vaiabel terikat). Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan product moment.
Dari hasil analisis diperoleh rxy sebesar 0,662 jika dibanding dengan r tabel pada taraf 5 % dengan N = 33 diperolah harga r tabel sebesar 0,344 maka dapat disimpulkan rxy > r tabel (0,662 > 0,344) hal ini berarti terdapat hubungan motivasi belajar dengan disiplin belajar peseta didik kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Pada variabel motivasi belajar dalam kriteria sangat buruk 9,1%, buruk 6,1%, cukup 18,2%, sedang 15,2%, baik 45,5%, sangat baik sebesar 6,1%. Sehingga motivasi belajar peserta didik dalam kriteria baik. Sedangkan disiplin belajar kriteria sangat rendah 6,1%, rendah 9,1%, cukup 6,1%, sedang 48,5%, tinggi, 21,2%, sangat tinggi sebesar 9,1%. Sehingga displin belajar peserta didik dalam kriteria sedang.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah Terdapat Hubungan Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011". Saran bagi peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajar dan disiplin belajar, bagi orang tua diharapkan dapat memberikan pengawasan dan motivasi agar bersemangat dalam belajar, bagi guru pembimbing agar meningkatkan pemberian motivasi dan disiplin belajar.
BK0911161 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain