Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTs MAULANA MAGHRIBI KANDEMAN KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
SUDARYANTO, NANANG, 2011. NPM. 1507500783 "keefektifan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas VII MTs Maulana Maghribi Kandeman Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2010/2011". Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.: Pembimbing II: Sutji Muljani, M.Hum.
Kata kunci : keterampilan menulis, menulis deskripsi, media gambar.
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu diajarkan pada siswa secara terpadu dengan keterampilan berbahasa yang lain. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang menganggap keterampilan berbahasa yang paling sulit. Keterampilan menulis deskripsi siswa kelas VII MTs Maulana Maghribi Kandeman Batang cukup baik.
Penulis mengkaji tiga masalah yakni Apakah media gambar efektif untuk meningkatkan keterampialan menulis deskripsi pada siswa kelas VII MTs Maulana Maghribi Kandeman Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2010/2011? Bagaimana pengunaan media gambar yang diberikan oleh guru pembimbing siswa kelas VII MTs Maulana Maghribi Kandeman Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2010/2011? Apakah pengunaan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas VII MTs Maulana Maghribi Kandeman Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Dari hasil analisis data menggunakan t-tes pada tes kontrol diperoleh perhitungan nilai thitung = 0,79 ternyata lebih kecil dari ttabel pada taraf signifikan 5% = 1, 69 maka hipotesis tindakan (Ho) ditolak dan diperoleh kesimpulan yang menyatakan bahwa: media gambar tidak efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pretest dan posttest pada pertemuan pertama yang tanpa menggunakan media gambar.
Sedangkan Dari hasil analisis data menggunakan yang t-tes pada tes eksperimen diperoleh perhitungan nilai thitung = 4, 82 ternyata lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% = 1, 69 maka hipotesis tindakan (Ha) diterima dan diperoleh kesimpulan yang menyatakan bahwa : media gambar efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi antara hasil evaluasi nilai pretest dan posttest pada pertemuan kedua yang telah menggunakan media gambar.
PBSI0911108 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain