Skripsi
KORELASI PERLAKUAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs ASY-SYAFI'IYYAH JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
ROBI'ATUL ADAWIYAH, 2011. NPM : 1107500679, Judul Skripsi Korelasi Perlakuan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Asy Syafi'iyah Jatibarang Kabupaten Brebes. Pembimbing I : Drs. Soebianto, M.Pd, Pembimbing II : Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci : Perlakuan guru bimbingan dan konseling, kedisiplinan belajar
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana perlakuan guru Bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas VIII MTs Asy-Syafi'iyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011, bagaimana Kedisiplinan belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perlakuan guru bimbingan dan konseling, untuk mengetahui kedisiplinan belajar peserta didik, untuk mengetahui adanya korelasi antara perlakuan guru bimbingan dan konseling terhadap kedisplinan belajar peserta didik di MTs Asy Syafi'iyah Jatibarang Kabupaten Brebes.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII, yang berjumlah 226 peserta didik, sampel 15% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 34 peserta didik. Variabel penelitian adalah Perlakuan Guru Bimbingan dan Konseling (Variabel Bebas) sebagai variabel penyebab, dan kedisiplinan belajar (Variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, dan interview. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 Spearman Brown. Hasil uji coba seluruh item valid dan reliabel. Teknik analisis menggunakan korelasi product moment dan deskriptif prosentase
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,784 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 34 peserta didik diperoleh r tabel sebesar 0,339, maka dapat disimpulkan rxy > r tabel artinya ada korelasi Perlakuan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Asy Syafi'iyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Dari hasi analisis deskriptif diperoleh Perlakuan Guru BK dalam kategori tinggi sebanyak 11 peserta didik (32,35%), dan kategori sangat tinggi sebanyak 4 peserta didik (11,76%), Cukup sebanyak 3 peserta didik (8,82%), rendah sebanyak 8 peserta didik (23,53%), sangat rendah 8 peserta didik (23,53%). Kedisiplinan Belajar Peserta Didik kategori tinggi 12 peserta didik (35,29%) dan kategori sangat tinggi 2 peserta didik (5,88%), sangat rendah sebanyak 8 peserta didik (23,53%), rendah sebanyak 5 peserta didik (14,7%), cukup sebanyak 7 peserta didik (20,59%). Saran peserta didik senantiasa mentaati semua peraturan sekolah terutama dalam kedisiplinan belajar. Supaya peserta didik tersebut mampu mandiri dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapinya.
BK0911118 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain