Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
MUSTOPA, NPM : 1108501046, 2011. Skripsi Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Dibimbing oleh Dr. Dino Rozano, M.Pd selaku Pembimbing I dan Suriswo, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Kemandirian Belajar Peserta Didik
Tujuannya adalah ingin memperoleh jawaban atas seberapa besar efektifitas layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Hipotesis dalam penelitian ini ada peran yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok dalam pembentukan peningkatan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasinya adalah peserta didik kelas VII yaitu 270 peserta didik. Sampel penelitian 15% dari 270 peserta didik diperoleh sebanyak 40 peserta didik. Teknik sampling menggunakan tekhnik proportional random sampling dengan cara acak Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan uji t (t test).
Adapun hasilnya adalah bimbingan kelompok pada kelas VII SMP Muhammadiyah Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011 adalah dalam baik sejumlah 17 atau 43 %, kategori cukup 23 atau 57%. Kemandirian belajar, kategori sebagian besar diantaranya menyatakan bahwa kemandirian belajar peserta didik adalah dalam kategori baik yaitu sejumlah 28 atau 70%, kategori cukup sejumlah 12 atau 30%. Tingkat kemandirian belajar peserta didik pada penelitian sebelum bimbingan kelompok adalah cukup karena pencapaian skor rata-rata 130.75 atau 87,17%. Setelah bimbingan kelompok adalah baik karena pencapaian skor rata-rata 151,55 atau 101,03%. Dari perhitungan t test diperoleh nilai thitung sebesar 5,306. Diperoleh ttable = 2,021 ternyata thitung = 5,306 > ttabel = 2,021 yang berarti hipotesis kerja yang menyatakan "Ada perbedaan tingkat kemandirian belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok di SMP Muhammadiyah Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun 2010/2011" dapat diterima.
Sarannya adalah konselor sekolah supaya secara mandiri berusaha mengetahui dan mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan bimbingan kelompok dalam pembentukan peningkatan kemandirian belajar peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan kegiatan bimbingan dan konseling.
BK0911120 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain