Skripsi
Studi Terhadap pengaruh Pergaulan Sosial Pada Pencapaian Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 13 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
ABSTRAK
NING ROKHIMAH,WAKHYU.1107500656 2011. Studi Terhadap pengaruh Pergaulan Sosial Pada Pencapaian Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 13 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi.Bimbingan dan Konseling.Dr.Dino Rozano,M.Pd.Dra.Sri Sumarsih,M.Pd.Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal
Kata Kunci : Pengaruh pergaulan sosial, Prestasi Belajar
Pergaulan sosial adalah hubungan sosial timbal balik yang dinamis,yang menyangkut hubungan antara orang-orang secara perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara orang dengan kelompok-kelompok manusia. Pergaulan sosial merupakan dasar yang menentukan eksistensi suatu kelompok atau kelas.Prestasi belajar merupakan keberhasilan yang telah dirumuskan guru berupa kemampuan akademik. Hal tersebut berarti prestasi belajar merupakan hasil dari proses belajar. Dalam prestasi belajar meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik (Sunaryo,2001:4).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pergaulan Sosial Pada Pencapaian Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 13 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 13 Kota Tegal Tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian 40 Peserta Didik. Pengambilan sampel dengan teknik proposional stratified random sampling. Metode pengumpulan data dengan skala psikologi ,yaitu skala pergaulan sosial,skala prestasi belajar dan Metode Sosiometri.Data yang diperoleh kemudian dianalisi dengan menggunakan analisis deskriptif persentase.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase pergaulan sosial menunjukan bahwa 2,5% termasuk kriteria sangat tinggi, 2,5% dalam kriteria tinggi, 17,5% dalam kriteria sangat cukup, 60% dalam kriteria sedang, 15% dalam kriteria rendah, 5% dalam kriteria sangat rendah. Sedangkan deskriptif persentase prestasi belajar menunjukan bahwa 17,5% dalam kriteria sangat tinggi, 20% dalam kriteria tinggi, 17,5% dalam kriteria cukup, 15% dalam kriteria sedang, 17,5% dalam kriteria rendah dan 12,5% dalam kriteria sangat rendah. Mengacu pada hasil penelitian, di harapkan pada guru pembimbing untuk dapat memantau perkembangan peserta didik pada pergaulan sosialnya agar tidak mempengaruhi prestasi belajarnya.Dengan pergaulan sosial peserta didik dapat membandingkan pemikiran dan pengetahuannya dengan orang lain. Peserta didik semakin tertantang untuk memperkembangkan pemikiran dan pengetahuannya sendiri.
BK0911121 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain