1,66). Hal ini menunjukan bahwa pendekatan kontekstual komponen pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Simpulannya adalah kemampuan keterampilan menulis surat pribadi dengan pendekatan kontekstual komponen pemodelan lebih efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakan pendekatan kontekstual komponen pemodelan." />
Skripsi
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
PERUCHA, MAYYA, 2011. NPM.1507500879 "Keefektifan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Kesesi Tahun Pelajaran 2010/2011". Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Burhan Eko Purwanto, M. Hum.; pembimbing II: Drs. Bowo Hermaji, M. Pd.
Kata Kunci :pendekatan kontekstual, surat pribadi, keterampilan menulis
Rumusan masalah (1) Bagaimanakah kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimanakah pembelajaran keterampilan menulis dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kesesi ? (3) Bagaimanakah keefektifan pendekatan kontekstual komponen pemodelan dalam pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP N 1 Kesesi? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kesesi. (2) mengidentifikasi pembelajaran keterampilan menulis dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII SMP N 1 Kesesi. (3) mengidentifikasi keefektifan pendekatan kontekstual komponen pemodelan dalam pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP N 1 Kesesi.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri I Kesesi. Jumlah sampel sebanyak 82 siswa, yang dijadikan sebagai kelas eksperimen 41 siswa dan kelas kontrol 41 siswa untuk penelitian. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif yakni menganalisis data melalui pembuktian hipotesis dengan rumus statistik. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan tes tertulis.
Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian pretes dan postes. Analisis data dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t independen. Berdasarkan dari analisis, keterampilan menulis surat pribadi dengan thitung 3,46 sedangkan ttable pada taraf signifikasi 0,05 dan dk 41+41-2= 80 adalah 1,66. Perbedaan tersebut menunjukan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu (3,46>1,66). Hal ini menunjukan bahwa pendekatan kontekstual komponen pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan.
Simpulannya adalah kemampuan keterampilan menulis surat pribadi dengan pendekatan kontekstual komponen pemodelan lebih efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakan pendekatan kontekstual komponen pemodelan.
PBSI0911109 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain