Skripsi
PERANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DALAM MENENTUKAN ARAH PILIH SEKOLAH KE JENJANG SELANJUTNYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI I BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/1011
ABSTRAK
Wibowo, Tintus Arie, 2011. Skripsi. Peranan Bimbingan Karir Pada Kemandirian Peserta Didik dalam Menentukan Arah Pilih Sekolah ke Jenjang Selanjutnya pada Kelas VIII SMP PGRI I Brebes Tahun Pelajaran 2010/1011. Progdi Bimbingan dan Konseling. Dr. Maufur, M.Pd.; Dr. Dino Rozano, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Bimbingan Karir, Menentukan Arah Pilih Sekolah
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peranan bimbingan karir pada kemandirian peserta didik dalam menentukan arah pilih sekolah ke jenjang selanjutnya pada kelas VIII SMP PGRI I Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VIII SMP PGRI I Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 137 peserta didik. Sampel yang diambil dalam penelitian ini 22% dari 137 peserta didik diperoleh sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara dan Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Peranan bimbingan karir pada peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 1 Brebes pada dasarnya sudah dilaksanakan dengan cukup efektif. Terbukti dari hasil penelitian 30 peserta didik menyatakan bahwa sebagian besar peranan bimbingan karir pada peserta didik sebesar 43.3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peranan bimbingan karir pada peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 1 Brebes cukup efektif.
Kemandirian peserta didik dalam menentukan arah pilih sekolah ke jenjang selanjutnya kelas VIII di SMP PGRI 1 Brebes pada dasarnya sudah cukup baik. Terbukti dari hasil penelitian 30 peserta didik menyatakan bahwa sebagian besar kemandirian peserta didik dalam menentukan arah pilih sekolah ke jenjang selanjutnya sebesar 36.7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemandirian peserta didik dalam menentukan arah pilih sekolah ke jenjang selanjutnya kelas VIII di SMP PGRI 1 Brebes dalam kategori cukup.
Berdasarkan hasil perhitungan r hitung = 0,635 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 30 maka diperoleh r tabel = 0,361. Maka jika r hitung > r tabel yaitu 0,635 > 0,361. Dengan demkian Ho yang berbunyi "Tidak ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan karier terhadap kemandirian peserta didik dalam menentukan arah pilih sekolah ke jenjang selanjutnya pada Kelas VIII SMP PGRI I Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011" ditolak, dan Ha diterima yang menyatakan "Ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan karier terhadap kemandirian peserta didik dalam menentukan arah pilih sekolah ke jenjang selanjutnya pada Kelas VIII SMP PGRI I Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011" diterima.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah Guru dapat melaksanakan bimbingan karir seefektif mungkin bukan hanya untuk menanggapi permasalahan karir peserta didik saja, namun juga menumbuhkan kemandirian yang ada pada diri peserta didik
BK0911124 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain