t tabel yaitu 4,23 > 1,70. Jadi, hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis kerja (Hk) diterima. Dengan adanya hubungan yang signifikan antara pemahaman bacaan dengan kemampuan penyusunan kalimat efektif, maka mempengaruhi pula terhadap perilaku siswa dalam pembelajaran. Siswa lebih tenang dalam mengikuti pembelajaran, suasana belajar kondusif, waktu belajar digunakan secara efektif dan siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan cepat serta prestasi yang dicapai cukup memuaskan, khususnya dalam materi kalimat efektif." />
Skripsi
HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN BACAAN DENGAN KEMAMPUAN PENYUSUNAN KALIMAT EFEKTIF PADA SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP I8 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
TARJANI. "Hubungan antara Pemahaman Bacaan dengan Kemampuan Penyusunan Kalimat Efektif pada Siswa Kelas VIII di UPTD SMP 18 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011 " Skripsi. Program Studi Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Pembimbing II: Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci: pemahaman, kalimat efektif.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman bacaan dengan kemampuan penyusunan kalimat efektif pada siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun pelajaran 2010/2011 ?, (2) Apakah ada perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran?
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pemahaman bacaan dengan kemampuan penyusunan kalimat efektif pada siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun pelajaran 2010/2011, (2) Untuk mengetahui perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas pemahaman bacaan dan variabel terikatnya yaitu kemampuan penyusunan kalimat efektif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 39 siswa Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik product moment.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perhitungan dengan rumus product moment dapat diperoleh nilai 4,23. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemahaman bacaan dengan kemampuan penyusunan kalimat efektif karena t hitung > t tabel yaitu 4,23 > 1,70. Jadi, hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis kerja (Hk) diterima. Dengan adanya hubungan yang signifikan antara pemahaman bacaan dengan kemampuan penyusunan kalimat efektif, maka mempengaruhi pula terhadap perilaku siswa dalam pembelajaran. Siswa lebih tenang dalam mengikuti pembelajaran, suasana belajar kondusif, waktu belajar digunakan secara efektif dan siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan cepat serta prestasi yang dicapai cukup memuaskan, khususnya dalam materi kalimat efektif.
PBSI0911111 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain