Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP KMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 COMAL PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
IDA NURUL AENI. NPM. 1107500610. Program Studi BK FKIP Universitas Pancasakti Tegal, Dengan Judul Pengaruh Bimbingan Pribadi Terhadap Kemandirian Peserta Didik Kelas VIII SMP N 3 Comal Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011. Pembimbing I : Drs. Sukoco, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd
Kata Kunci : Pengaruh, Bimbingan Pribadi, Kemandirian Peserta Didik.
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah bimbingan pribadi, bagaimana kemandirian peserta didik dan adakah pengaruh bimbingan pribadi terhadap kemandirian peserta didik kelas VIII SMP N 3 Comal Pemalang Tahun pelajaran 2010-2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan pribadi terhadap kemandirian peserta didik kelas VIII SMP N 3 Commal Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP N 3 Comal Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011 yang berjumlah 277 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 40 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik proporsional random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah Bimbingan Pribadi (variabel bebas) dan Kemandirian Peserta Didik (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan regresi linier sederhana. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Pelaksanaan Bimbingan pribadi peserta didik kelas VIII termasuk kriteria sangat rendah 2,5%, rendah 17,5%, sedang 27,5%, cukup kuat 35%, kuat 12,5%, sangat kuat 5%. artinya Bimbingan Pribadi peserta didik dalam kategori cukup kuat 35% dari data ini maka dihasilkan dengan kriterianya adalah cukup kuat.
Kemandirian peserta didik kelas VIII termasuk kriteria sangat rendah 5%, rendah 10%, sedang 30%, cukup kuat 10%, kuat 27,5%, sangat kuat 17,5%. Sebagian besar kemandirian peserta didik dalam kategori sedang 30% dari data ini maka kemandirian peserta didik dihasilkan kriterianya adalah sedang.
Dari hasil analisis diperoleh rxy sebesar 0,496 jika dibanding dengan rtabel pada taraf 5% dengan N = 40 diperoleh harga rtabel sebesar 0,312 maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya Terdapat Pengaruh bimbingan Pribadi Terhadap peserta Didik kelas VIII SMP N 3 Comal Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Bimbingan pribadi Terhadap kemandirian Peserta Didik kelas VIII SMP N 3 Comal Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran bagi peserta didik untuk menerapkan Kemandirian guna meningkatkan prestasi belajar..
BK0911127 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain