r tabel yaitu 0,655 > 0,361. Artinya bimbingan kelompok efektif terhadap perubahan perilaku disiplin peserta didik kelas VIII MTs Assalafiah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Sedangkan hasil analisis deskriptif adalah pada variabel X efektifitas bimbingan kelompok dalam kategori sangat buruk 3,3%, kategori buruk 10%, kategori sedang 6,7%, kategori cukup 10%, kategori baik 53,3% dan kategori sangat baik 16,7% sehingga efektifitas bimbingan kelompok terhadap peserta didik dalam kategori tinggi. Sedangkan pada variabel Y perubahan perilaku disiplin kategori sangat rendah 16,7%, kategori rendah 3,3%, kategori sedang 13,3%, kategori cukup 20%, kategori tinggi 36,7% dan kategori sangat tinggi 10% jadi perubahan perilaku disiplin peserta didik dalam kategori tinggi. Kesimpulannya adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap perubahan perilaku disiplin pada peserta didik kelas VIII di MTs. Assalafiah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah para guru hendaknya selalu memberikan dorongan, motivasi dan bimbingan seintensif mungkin karena banyak hal mengenai permasalahan-permasalahan di sekolah akan bisa teratasi, hal ini sudah dibuktikan dengan satu permasalahan yang terjadi di dalam sekolah khususnya dalam meningkatkan perubahan perilaku disiplin peserta didik." />
Skripsi
EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs ASSALAFIYAH KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
WARDANI, PUTRI KUSUMA NPM. 1107500637. 2011. "Efektifitas Bimbingan Kelompok Terhadap Perubahan Perilaku Disiplin Peserta Didik Kelas VIII MTs Assalafiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011". Pembimbing I : Drs. Soebianto, M.Pd, Pembimbing II : Drs. Sukoco KW, M.Pd.
Kata kunci : Efektifitas Bimbingan Kelompok, Perilaku Disiplin
Dilatarbelakangi dari adanya tata tertib di sekolah yang seharusnya dipatuhi oleh seluruh peserta didik disekolah tersebut.tetapi masih terdapat peserta didik yang melanggar tata tertib disekolah. Misalnya disini masih banyak peserta didik yang sering datang terlambat, sering tidak masuk sekolah tanpa keterangan, model pakaian yang tidak sesuai dengan aturan, dan sering terlambat dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu untuk menanggulangi kondisi yang demikian, merupakan tugas seorang guru bimbingan dan konseling untuk dapat membimbing peserta didik dalam perilaku disiplin di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya efektifitas bimbingan kelompok terhadap perubahan perilaku disiplin peserta didik kelas VIII MTs Assalafiyah Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Assalafiah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 134 peserta didik dari 4 kelas. Sampel penelitian 25% dari 134 peserta didik diperoleh sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data, ditemukan r hitung = 0,655 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 30 maka diperoleh r tabel = 0,361. Maka jika r hitung > r tabel yaitu 0,655 > 0,361. Artinya bimbingan kelompok efektif terhadap perubahan perilaku disiplin peserta didik kelas VIII MTs Assalafiah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Sedangkan hasil analisis deskriptif adalah pada variabel X efektifitas bimbingan kelompok dalam kategori sangat buruk 3,3%, kategori buruk 10%, kategori sedang 6,7%, kategori cukup 10%, kategori baik 53,3% dan kategori sangat baik 16,7% sehingga efektifitas bimbingan kelompok terhadap peserta didik dalam kategori tinggi. Sedangkan pada variabel Y perubahan perilaku disiplin kategori sangat rendah 16,7%, kategori rendah 3,3%, kategori sedang 13,3%, kategori cukup 20%, kategori tinggi 36,7% dan kategori sangat tinggi 10% jadi perubahan perilaku disiplin peserta didik dalam kategori tinggi.
Kesimpulannya adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap perubahan perilaku disiplin pada peserta didik kelas VIII di MTs. Assalafiah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah para guru hendaknya selalu memberikan dorongan, motivasi dan bimbingan seintensif mungkin karena banyak hal mengenai permasalahan-permasalahan di sekolah akan bisa teratasi, hal ini sudah dibuktikan dengan satu permasalahan yang terjadi di dalam sekolah khususnya dalam meningkatkan perubahan perilaku disiplin peserta didik.
BK0911129 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain