r tabel yaitu 0,655 > 0,361. Artinya bimbingan kelompok efektif terhadap perubahan perilaku disiplin peserta didik kelas VIII MTs Assalafiah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Sedangkan hasil analisis deskriptif adalah pada variabel X efektifitas bimbingan kelompok dalam kategori sangat buruk 3,3%, kategori buruk 10%, kategori sedang 6,7%, kategori cukup 10%, kategori baik 53,3% dan kategori sangat baik 16,7% sehingga efektifitas bimbingan kelompok terhadap peserta didik dalam kategori tinggi. Sedangkan pada variabel Y perubahan perilaku disiplin kategori sangat rendah 16,7%, kategori rendah 3,3%, kategori sedang 13,3%, kategori cukup 20%, kategori tinggi 36,7% dan kategori sangat tinggi 10% jadi perubahan perilaku disiplin peserta didik dalam kategori tinggi. Kesimpulannya adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap perubahan perilaku disiplin pada peserta didik kelas VIII di MTs. Assalafiah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah para guru hendaknya selalu memberikan dorongan, motivasi dan bimbingan seintensif mungkin karena banyak hal mengenai permasalahan-permasalahan di sekolah akan bisa teratasi, hal ini sudah dibuktikan dengan satu permasalahan yang terjadi di dalam sekolah khususnya dalam meningkatkan perubahan perilaku disiplin peserta didik." />