r tabel, (0,767 > 0,320), Bimbingan belajar oleh guru BK cukup (50,5%) membimbing peserta didik dalam belajar di kelas pada peserta didik kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011, Dengan adanya bimbingan belajar dapat cukup (46,34%)menambah kemampuan peserta didik kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011dalam memahami pelajaran" />
Skripsi
STUDI KORELASI ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MEMAHAMI PELAJARAN DI KELAS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA BHAKTI PRAJA ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
PURWANINGSIH, ANI, NPM. 1107500763, 2011. Studi Korelasi Antara Bimbingan Belajar Dengan Kemampuan Peserta Didik Memahami Pelajaran Di Kelas Pada Peserta Didik Kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011
Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Kemampuan Peserta Didik Memahami Pelajaran Di Kelas
Identifikasi masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah bimbingan belajar dengan kemampuan peserta didik memahami pelajaran di kelas pada peserta didik kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011 dan Bagaimanakah kemampuan peserta didik memahami pelajaran di kelas pada peserta didik kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Tujuan penelitian 1) Ingin mengetahui korelasi antara bimbingan belajar dengan kemampuan peserta didik memahami pelajaran di kelas pada peserta didik kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011, 2) Ingin mengetahui bimbingan belajar dengan kemampuan peserta didik memahami pelajaran di kelas pada peserta didik kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011, dan 3) Ingin mengetahui kemampuan peserta didik memahami pelajaran di kelas pada peserta didik kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Lokasi penelitian ini adalah di SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal berjumlah 259 peserta didik, dan 38 peserta didik sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Pengumpulan, data menggunakan metode angket dan teknik dokumentasi. Teknik analisa data untuk menguji hipotesis mengggunakan korelasi product moment.
Hipotesis penelitian ini adalah " Terdapat korelasi antara bimbingan belajar dengan kemampuan peserta didik memahami pelajaran di kelas pada peserta didik kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011"
Simpulan dari penelitian ini antara lain bahwa Dari hasil penelitian disimpulkan terdapat korelasi antara bimbingan belajar dengan kemampuan peserta didik memahami pelajaran di kelas pada peserta didik kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti nilai r xy > r tabel, (0,767 > 0,320), Bimbingan belajar oleh guru BK cukup (50,5%) membimbing peserta didik dalam belajar di kelas pada peserta didik kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011, Dengan adanya bimbingan belajar dapat cukup (46,34%)menambah kemampuan peserta didik kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011dalam memahami pelajaran
BK0911130 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain