Skripsi
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 2 COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
Suci Priyatin, 1107500644, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Skripsi S1, Program Studi Bimbingan Konseling - FKIP - UPS. Pembimbing (I) Dr. Maufur.,M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Dino Rozano.,M.Pd.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya anggapan bahwa peserta didik berasal dari keluarga yang berbeda-beda tentu akan membentuk pola asuh orang tua yang berbeda-beda pula dalam keluarga. Sehingga memunculkan suatu masalah peserta didik dalam kemandirian belajar peserta didik yang memiliki kemapuan berbeda-beda. Dan untuk memperbaiki kemandirian belajar peserta didik yang memmiliki kemandirian kurang baik pihak sekolah bekerjasama antara guru dan orang tua untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemadirian belajarnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kondisi kemandirian belajar peserta didik (2) pola asuh orang tua peserta didik (3) sejauh mana pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar peserta didik.
Untuk mendukung kajian secara ilmiah maka beberapa landasan teori yang mengetengahkan tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar, peneliti memilih peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang sebagai subyek populasinya, dengan menggunakan teknik proposional random sampling didapat sampel sejumlah 40 peserta didik. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan (1) angket (2) observasi (3) dokumentasi, setelah data terkumpul dianalisis dengan teknik (1) deskriptif prosentase (2) korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Sperman-Brown dengan teknik belah dua ganjil genap. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa : (1) Pada variabel pola asuh orang tua dalam kriteria sangat buruk 2,5%, buruk 7,5%, sedang 5%, cukup 12,5%, kriteria baik 55%, sangat baik 17,5%. Sehingga pola asuh orang tua dalam kriteria baik. (2) Sedangkan kemandirian belajar dalam kategori sangat rendah 12,5%, rendah 10%, sedang 10%, cukup 15%, tinggi 40%, sangat tinggi 12,5%. Sehingga kemandirian belajar dalam kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kemndirian belajar. Saya ajukan saran : (1) pihak sekolah diharapkan untuk terus berusaha membimbing dan meningkatkan pemberian motivasi dan disiplin belajar. (2) guru bekerjasama dengan orang tua diharapkan dapat terus meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dan memberikan pengawasan serta motivasi agar tetap semangat dalam belajarnya. (3) hasil yang telah dicapai peserta didik sudah baik namun peserta didik harus terus berusaha dan berlatih untuk meningkatkan kemandirian belajarnya agar peserta didik mampu menjadi pribadi yang mandiri untuk dirinya sendiri dan bisa menjadi manusia yang berguna untuk masa yang akan datang.
BK0911132 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain