ttabel atau (4,46 > 2,04). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian bahwa terdapat Keefektifan layanan bimbingan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar kelas VIII MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang - Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011." />
Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. ASY-SYAFI'IYYAH JATIBARANG BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
KHAIRUNNISA'. 2011. Judul Skripsi "Keefektifan Layanan Bimbingan Belajar Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang - Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011".
Kata Kunci : Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar, Peningkatan Prestasi Belajar.
Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh seseorang setelah ia melakukan perubahan belajar, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Layanan bimbingan belajar diberikan dengan melihat latar belakang peserta didik yang mudah dipengaruhi oleh pemberian layanan bimbingan belajar yang mencakup seluruh atau beberapa mata pelajaran.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat Keefektifan Pelaksanaan Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang - Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi pelaksanaan bimbingan belajar, dan keefektifan layanan bimbingan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang -Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 300 peserta didik, sampel ditetapkan sebesar 40 peserta didik sebagai responden. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas layanan bimbingan belajar dan variabel terikat prestasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuesioner sebagai metode utama, sedangkan wawancara dan observasi sebagai metode pendukung. Metode analisis data yang digunakan adalah rumus korelasi product moment.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner (angket) yang dilakukan pada sampel peneliti. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan dari hasil analisis dengan menggunakan uji-t, hasil perhitungan tersebut untuk thitung = 4,46 dengan ttabel 0,05 dan derajat kebebasan N-1 = 40-1 = 39 maka di dapat ttabel = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel atau (4,46 > 2,04). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Dengan demikian bahwa terdapat Keefektifan layanan bimbingan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar kelas VIII MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang - Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
BK0911133 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain