Skripsi
WATAK TOKOH UTAMA NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA DI SMA
ABSTRAK
FELIANA RIA IRAWATI. NPM. 1507500746. 2011. "Watak Tokoh Utama Novel Ketika Cinta Bertasbih Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasi Pembelajarannya di SMA", Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1: Drs. Tri mulyono M.Pd, Pembimbing 2: M. Sulaiman, S.S.,M.Hum.
Kata Kunci : Watak Tokoh Utama, novel
Karya sastra novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy misalnya terdiri atas beberapa tokoh. Tokoh dalam novel ini saling berhubungan dan mempunyai kedudukan yang sama. Masing-masing tokoh dihubungkan dengan percakapan antartokohnya. Percakapan antartokoh ini mengandung watak dan sikap yang kritis, bertanggung jawab, optimis, terbuka yang dapat dijadikan pelajaran dan pengetahuan bagi siswa SMA. Rumusan masalah Bagaimanakah watak tokoh utama dalam novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy ? dan Bagaimanakah alternatif pembelajaran watak tokoh utama dalam novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy bagi pembelajaran sastra di SMA ? Tujuan penelitian ini adalah untuk: Mendeskripsikan watak tokoh utama dalam novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy dan Mendeskripsikan implikasi pembelajaran watak tokoh utama dalam novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy bagi pembelajaran sastra di SMA.
Metode penelitian ini dengan teknik baca, simak, tulis atau catat dengan kartu. Analisis data dilakukan secara tringulasi yaitu mengumpulkan data dan melakukan reduksi dengan cara mengalir secara bersamaan. Hasil penelitian dipaparkan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitiannya adalah Dalam novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy dapat dipetik pelajaran bagi para pembaca khususnya para remaja dan siswa SMA. Pelajaran yang terkandung dalam novel tersebut mengandung watak dan sikap yang kritis, bertanggung jawab, optimis, terbuka, dan lain sebagainya yang diharapkan mampu menunjang pembentukan watak siswa.
Kesimpulannya watak tokoh utama Azzam pada novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy adalah Azzam adalah mahasiswa Indonesia di Al Azhar. Ia adalah prototype anak Indonesia yang pintar, cerdas, dan bersahaja, namun lahir dari kalangan keluarga pas-pasan. Sebagai anak sulung dikeluarganya. Azzam adalah tulang punggung keluarga setelah ayahnya meninggal karena kecelakaan. Azzam menyadari posisi itu. Sejak itulah, ia mengalihkan konsentrasinya dari belajar ke bekerja di Cairo, yaitu berbisnis tempe dan bakso. Kegiatan pembelajaran di sekolah SMA di samping mempelajari struktur kebahasaannya, juga akan diperoleh nilai-nilai intrinsik dari amanat yang disampaikan pengarang yaitu sebagai berikut: peningkatan kecerdasan dengan memahami tulisan, peningkatannya ingat inisiatif dan kreatifitas, penumbuhan keberanian dalam berpendapat atau apresiasi, dan pendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi.
PBSI0911115 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain