r_tabel, yaitu 0,382 > 0,361. Hal ini berarti hipotesis Kerja (Hk) dinyatakan diterima dan sebaliknya Hipotesis Nihil (Ho) dinyatakan ditolak. Kesimpulan yang dapat diberikan adalah ada pengaruh efektifitas layanan bimbingan karir terhadap pilihan karir siswa SMA Negeri 7 Kota Cirebon, dan saran yang dapat disampaikan adalah bagi guru bimbingan dan konseling perlu peningkatan pengetahuan dan wawasan lebih luas lagi yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling khususnya terhadap layanan bimbingan karir sehingga proses bimbingan karir lebih maksimal, bagi siswa manfaatkan layanan bimbingan karir sehingga lebih memahami potensi diri untuk mengoptimalkan pengetahuan terhadap karir, bagi orang tua siswa melakukan interaksi atau komunikasi dengan guru bimbingan dan konseling supaya lebih diperhatikan karena memiliki pengaruh positif untuk saling memberikan informasi mengenai siswa, dan bagi sekolah peran pengembangan profesionalisme guru bimbingan dan konseling sangat perlu diperhatikan guna lebih maksimal dalam proses pemberian bimbingan kepada seluruh siswa." />
Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP PILIHAN KARIR SISWA SMA NEGERI 7 KOTA CIREBON (Studi Deskriptif Analitik Pada Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2010/2011)
ABSTRAK
Windayani. 2011. Efektifitas Layanan Bimbingan Karir Terhadap Pilihan Karir Siswa SMA Negeri 7 Kota Cirebon (Studi Deskriptif Analitik Pada Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2010/2011). "Skripsi Bimbingan dan Konseling. Dr. Dino Rozano,M.Pd. Suriswo, S.Pd,.M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Karir, Pilihan Karir
Layanan bimbingan karir merupakan layanan yang sangat penting untuk membantu siswa dalam memberikan pemahaman terhadap karir. Layanan bimbingan karir merupakan upaya membantu individu untuk memahami diri dan potensinya. Permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 7 kota Cirebon, siswa belum dapat merencanakan masa depannya dengan jelas, sebagian masih kebingungan terhadap bakat dan minat yang dimiliki. Kemudian persoalan yang muncul adalah ketika siswa dihadapkan pada situasi untuk memutuskan pilihan karir yang tepat sesuai dengan minat dan potensiny tersebut. Sedangkan pilihan karir merupakan pantulan motivasi, pengetahuan dan kepribadian seseorang yang dipengaruhi oleh hasil interaksi dengan segala pengaruh budaya serta kesan kepuasan terhadap suatu pandangan hidup suatu lingkungan, yang menetapkan fungsi atau keterampilan kerja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pelaksanaan layanan bimbingan karir di SMA Negeri 7 Kota Cirebon, untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan guru bimbingan dan konseling dalam membantu menentukan karir kelas XII siswa SMA Negeri 7 Kota Cirebon, serta untuk mengetahui sejauhmana efektifitas layanan bimbingan karir terhadap pilihan karir siswa kelas XII SMA Negeri 7 Cirebon.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 7 Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan total keseluruhan siswa 300 orang. Jumlah sampel yang diambil sebesar 10% yaitu 30 orang. Teknik sampling dengan non random sampling jenis purposive sampling metode pengumpulan data bentuk kuesioner sebagai metode pokok, sedangkan metode bantu menggunakan teknik wawancara terstruktur dengan jenis pertanyaan tertutup yang tersedia alternatif jawaban.
Dari hasil penelitian dan analisis data yang digunakan untuk membuktikan korelasi menggunakan teknik korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data diperoleh r_hitung sebesar 0,382, kemudian dikonsultasikan dengan r_tabel product moment dengan jumlah subjek (N) = 30, taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,361. Setelah dianalisa ternyata r_hitung > r_tabel, yaitu 0,382 > 0,361. Hal ini berarti hipotesis Kerja (Hk) dinyatakan diterima dan sebaliknya Hipotesis Nihil (Ho) dinyatakan ditolak.
Kesimpulan yang dapat diberikan adalah ada pengaruh efektifitas layanan bimbingan karir terhadap pilihan karir siswa SMA Negeri 7 Kota Cirebon, dan saran yang dapat disampaikan adalah bagi guru bimbingan dan konseling perlu peningkatan pengetahuan dan wawasan lebih luas lagi yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling khususnya terhadap layanan bimbingan karir sehingga proses bimbingan karir lebih maksimal, bagi siswa manfaatkan layanan bimbingan karir sehingga lebih memahami potensi diri untuk mengoptimalkan pengetahuan terhadap karir, bagi orang tua siswa melakukan interaksi atau komunikasi dengan guru bimbingan dan konseling supaya lebih diperhatikan karena memiliki pengaruh positif untuk saling memberikan informasi mengenai siswa, dan bagi sekolah peran pengembangan profesionalisme guru bimbingan dan konseling sangat perlu diperhatikan guna lebih maksimal dalam proses pemberian bimbingan kepada seluruh siswa.
BK0911136 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain