Skripsi
ANALISIS SIZE PERUSAHAAN DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIALRESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45 Di BEI Periode Tahun 2007-2009)
ABSTRAK
VERLY RIZKY JANIARTO. 2011. Analisis Size Perusahaan dan Rasio Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibilty (Studi Empiris Perusahaan LQ45 di BEI Periode Tahun 2007-2009). Dibimbing oleh Sumarno, S.E., M.Si. sebagai Pembimbing I dan Hj. Dien Noviany R, S.E., M.M., Akt. sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan LQ45 di BEI dan untuk mengetahui bahwa size perusahaan dan profitabilitas secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan (corporate social responsibility).
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI yang beroperasi periode 2007-2009 yang berjumlah 19 perusahaan. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan. Data dikumpulkan melalui metode observasi data sekunder kemudian dilakukan metode penelitian yang meliputi uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji F, uji T dan analisis koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan software SPSS versi 19.
Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan uji asumsi klasik adalah model regresi yang diperoleh dapat menghasilkan estimator linier yang baik. Uji T variabel size secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel corporate social responsibility (CSR). Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa variabel ROA dan ROE secara parsial tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility (CSR). Sedangkan berdasarkan uji simultan (uji F) Size, ROA, dan ROE berpengaruh terhadap CSR perusahaan LQ45 di BEI. Besarnya R2pada perusahaan LQ45 di BEI sebesar 0.286. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independen yaitu Size, ROA, dan ROEterhadap variabel dependen CSR yang dapat diterangkan oleh model persamaan ini sebesar 28.6% sedangkan sisanya sebesar 71.4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.
Kata Kunci: Size, ROA, ROE, Corporate Social Responsibility
AKT0911114 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain