Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI BIMBINGAN KARIR PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP PURNAMA DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
Andriani, D. Upaya Peningkatan Kreativitas Melalui Bimbingan Karir pada Peserta Didik Kelas IX SMP Purnama Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi: Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. 2011.
Kata Kunci: Kreativitas, Bimbingan Karir
Rumusan masalah dalam penelitian yaitu mengenai bagaimana pelaksanaan bimbingan karir pada peserta didik kelas IX SMP Purnama Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, bagaimana tingkat kreativitas peserta didik, serta berapa besar peningkatan kreativitas peserta didik kelas IX melalui bimbingan karir yang dilaksanakan di SMP Purnama Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Atas dasar rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan karir pada peserta didik kelas IX SMP Purnama Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/201, tingkat kreativitas peserta didik, serta besarnya peningkatan kreativitas peserta didik melalui bimbingan karir yang dilaksanakan di SMP Purnama Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini adalah penelitian populasi, dengan populasi sejumlah 52 peserta didik kelas IX SMP Purnama Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner sebagai metode utama dan wawancara serta dokumentasi sebagai metode pendukung. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase dan rumus t-test.
Penelitian ini membuktikan secara empiris bahwa pelaksanaan layanan bimbingan karir dipersepsikan baik oleh peserta didik dengan total skor sebesar 3.543 dan ketercapaian skor sebesar 68,13%. Kondisi kreativitas sebelum layanan bimbingan karir diperoleh total skor sebesar 3.326 atau ketercapaian skor sebesar 63,96% yang berarti tingkat kreativitas peserta didik adalah dalam kategori sedang. Adapun kondisi kreativitas sesudah layanan bimbingan karir diperoleh total skor sebesar 3.715 atau ketercapaian skor sebesar 71,44% yang berarti tingkat kreativitas peserta didik adalah dalam kategori tinggi. Besarnya peningkatan skor kreativitas dari hasil pelaksanaan layanan bimbingan karir adalah sebesar 389 atau peningkatan ketercapaian skor sebesar 7,48%. Besarnya peningkatan tersebut adalah signifikan, dibuktikan melalui analisis perbedaan pre-test dan post-test one group design melalui t-test diperoleh thitung = 5,981 > ttabel = 2,576.
Saran penelitian atas hal-hal yang harus segera diperbaiki dalam pemberian layanan bimbingan karir adalah perlunya memberikan informasi mengenai perundang-undangan/peraturan atau perjanjian kerja, klasifikasi pekerjaan, kualifikasi untuk bekerja dalam bermacam-macam pekerjaan. Sedangkan kreativitas yang perlu ditingkatkan pada peserta didik kelas IX adalah memperbaiki kecenderungan peserta didik agar menyukai tugas yang berat dan sulit sebagai suatu tantangan, menanamkan kebiasaan bertanya, serta membiasakan peserta didik untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah.
BK0911138 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain