r tabel (0,422 > 0,361), hal ini berarti terdapat pengaruh peranan yang signifikan dari guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Sedangkan hasil analisis deskriptif adalah pada variabel X peranan guru bimbingan dan konseling sebagai pembimbing kriteria sangat tinggi sebesar 32%, informator kriteria tinggi sebesar 20%, motivator kriteria cukup sebesar 17%, evaluator kriteria rendah sebesar 13%, sehingga peranan guru bimbingan dan konseling terhadap peserta didik dalam kriteria sangat tinggi. Sedangkan pada variabel Y motivasi belajar kriteria sangat tinggi (13%), tinggi (33%), cukup (37%), rendah (3%), sangat rendah (17%). Jadi motivasi belajar peserta didik dalam kriteria cukup. Simpulan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh peranan yang signifikan dari guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran kepada para peserta didik diharapkan untuk lebih meningkatkan motivasi belajarnya baik di sekolah maupun di rumah. Bagi guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat meningkatkan perananya khususnya peran sebagai motivator dan evaluator yang masih kurang optimal." />
Skripsi
PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
BUDI NURAENI RINA 2011. NPM 1107500638, judul skripsi Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011".
Kata Kunci : Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar
Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling, bagaimana motivasi belajar peserta didik, apakah terdapat pengaruh peranan yang signifikan dari guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru bimbingan dan konseling, mengetahui motivasi belajar peserta didik, mengetahui pengaruh peranan yang signifikan dari guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian in adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, yang berjumlah 311 peserta didik. Dengan teknik proporsional random sampling diambil sebesar 10% diperoleh sebanyak 30 peserta didik. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah peranan guru Bimbingan dan Konseling dan variabel terikat adalah motivasi belajar. Metode penelitian adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2. Teknik analisa data menggunakan korelasi product moment dengan analisis deskriptif.
Dari hasil analisa data diperoleh rxy sebesar 0,422, sedangkan r tabel (t.s 5%) dengan N = 30 diperoleh harga r tabel sebesar 0,361, maka dapat disimpulkan rxy > r tabel (0,422 > 0,361), hal ini berarti terdapat pengaruh peranan yang signifikan dari guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Sedangkan hasil analisis deskriptif adalah pada variabel X peranan guru bimbingan dan konseling sebagai pembimbing kriteria sangat tinggi sebesar 32%, informator kriteria tinggi sebesar 20%, motivator kriteria cukup sebesar 17%, evaluator kriteria rendah sebesar 13%, sehingga peranan guru bimbingan dan konseling terhadap peserta didik dalam kriteria sangat tinggi. Sedangkan pada variabel Y motivasi belajar kriteria sangat tinggi (13%), tinggi (33%), cukup (37%), rendah (3%), sangat rendah (17%). Jadi motivasi belajar peserta didik dalam kriteria cukup.
Simpulan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh peranan yang signifikan dari guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran kepada para peserta didik diharapkan untuk lebih meningkatkan motivasi belajarnya baik di sekolah maupun di rumah. Bagi guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat meningkatkan perananya khususnya peran sebagai motivator dan evaluator yang masih kurang optimal.
BK0911140 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain