1,70 ). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini diterima (Ho ditolak). Kemudian, kedua siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t independen (t-tes). Hasilnya adalah 14,2 (14,2 > 1,67). Ini menunjukan bahwa t hitunglebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian, Ho ditolak atau penelitian ini diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI SMAN 01 Pagerbarang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011 yang diberi pembelajaran menggunakan media blog akan memperoleh prestasi menulis feature lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan media blog." />
Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA BLOG DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS JURNALISTIK SASTRA ATAU FEATURE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 01 PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
KARTONO, AKHMAD. 2011. "Keefektifan Media Blog dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Jurnalistik Sastra atau Feature pada Siswa Kelas XI SMAN 01 Pagerbarang - Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011". Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Sutji Muljani, S.S.,M.Hum. Dr. Burhan Eko Purwanto, M. Hum. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Blog, Menulis Feature
Pembelajaran keterampilan menulis dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan variatif. Untuk memenuhi aspek itu, diciptakanlah model dan media-media pembelajaran menulis yang di antaranya adalah dengan menggunakan media internet yakni blog.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi prestasi belajar menulis feature antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan media internet yakni blog dengan siswa yang diajar dengan tanpa menggunakan media blog.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 01 Pagerbarang Kabupaten Tegal, tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 160 siswa. Dari 160 siswa tersebut diambil sampel secara random sampling sebanyak 80 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 40 siswa. Kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes menulis yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t berdasarkan analisis t.hitung 6,35 dimana ttabel dengan derajat kebebasan 39 pada taraf signifikasi 0,05 harga ttabel 1,70. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa thitung lebih besar dari t tabel ( 6.35>1,70 ). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini diterima (Ho ditolak). Kemudian, kedua siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t independen (t-tes). Hasilnya adalah 14,2 (14,2 > 1,67). Ini menunjukan bahwa t hitunglebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian, Ho ditolak atau penelitian ini diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI SMAN 01 Pagerbarang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011 yang diberi pembelajaran menggunakan media blog akan memperoleh prestasi menulis feature lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan media blog.
PBSI0911121 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain