Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE REPLACE (REMIDIAL TEACHING, PEER LEARNING, ACELLERATED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs NEGERI MARGADANA KOTA TEGAL
ABSTRAK
DEWI, WINDA. 2011. Keefektifan Metode Replace (Remidial Teaching, Peer Learning, Accelerated Learning) dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas VIII di MTs Negeri Margadana Kota Tegal. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Sutji Muljani, M.Hum. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Replace, Pengajaran Menulis
Pembelajaran keterampilan menulis dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek itu, diciptakan metode-metode pembelajaran yang diantaranya adalah dengan menggunakan metode replace (Remidial Teaching, Peer Learning, Accelerated Leraning).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi prestasi belajar bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis karangan deskripsi antara peserta didik yang menggunakan metode replace dengan peserta didik yang tidak menggunakan metode replace.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII Semester II MTs Negeri Margadana Kota Tegal, Tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 302 peserta didik. Dari 302 peserta didik tersebut diambil sampel secara Random sampling sebanyak 60 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 30, dan kelompok 2 berjumlah 30 peserta didik sebagai kelompok eksperimen.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa t hitung = 4,24, sedangkan t tabel untuk taraf signifikan 0,05 dan dk 30+30-2 = 1,67. Dengan demikian, t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,24 > 1,67. Simpulannya, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Artnya, pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode replace lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak meggunakan metode replace pada peserta didik MTs Negeri Margadana Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peserta didik MTs Negeri Margadana Kota Tegal yang diajar dengan menggunakan metode replace akan memperoleh prestasi menulis lebih baik daripada peserta didik yang tidak menggunakan metode replace.
PBSI0911123 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain