Skripsi
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN INTEGRASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII A SMP PGRI 5 PETARUKAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
Hadi Wibowo, Danang. 1507500727. Keefektivan Pendekatan Integrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: cerpen, pendekatan integrasi
Rumusan masalah adalah: "apakah pendekatan integrasi melalui teknik mendengar dan membaca efektif dalam meningkatka keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP PGRI 5 Petarukan Pemalang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendekatan integrasi melalui teknik mendengar dan membaca terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP PGRI 5 Petarukan Pemalang.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI 5 Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2010/2011, dengan jumlah siswa sebanyak 40 anak. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis kuantitatif, dipergunakan untuk memberikan gambaran tentang peningkatan keterampilan siswa menulis cerpen dengan pendekatan integrasi melalui hasil pembelajaran yang berupa nilai dengan uji hipotesis menggunkan uji t-tes. Hipotesis penelitian ini adalah pendekatan integrasi efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP PGRI 5 Petarukan Pemalang.
Hasil penelitian dapat disimpulan sebagai berikut: teknik pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran menulis cerpen dengan pendekatan integrasi melalui teknik dengar-baca pada penelitian ini, memberikan hasil belajar menulis cerpen lebih tinggi, dibandingkan dengan penerapan teknik pembelajaran dengan pendekatan konvensional. pada kelompok kontrol yaitu anak yang tidak mendapat perlakuan pembelajaran menulis cerpen dengan pendekatan integrasi berjumlah 20 anak dengan nilai rata-rata 75.90, standar deviasi 7.115, nilai minimal yang didapat anak adalah 66 dan nilai maksimalnya 90. Sedangkan pada kelompok eksperimen yaitu anak yang mendapat perlakuan pembelajaran menulis cerpen dengan pendekatan integrasi berjumlah 20 dengan nilai rata-rata 80.75, standar deviasi 6.820, nilai minimal yang didapat anak adalah 72 dan nilai maksimalnya 84. Dari hasil pengolahan SPSS daerah kritis dengan taraf signifikasi ( ) = 0.05, dari tabel statistik didapat nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0.034. Dapat disimpulkan karena Asymp.Sig (2-tailed) < 0.05, yakni 0.034 < 0.05 maka Ho ditolak dengan kata lain pendekatan integrasi efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis cerpen.
PBSI0911124 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain