Skripsi
UPAYA PENINGKATAN DISIPLIN DAN SIKAP DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
Ismiyati Mustikaningrum. 2011. Upaya Peningkatan Disiplin dan Sikap dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Al Irsyad. Skripsi. Pendidikan Kewarganegaraan. Drs. Nurcholis, M.Pd, Dra. Tity Kusrina, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Disiplin, Sikap, Prestasi Belajar
Kondisi keberhasilan pendidikan dalam prestasi belajar sejauh ini belum memuaskan. Melihat situasi yang terjadi maka guna mempunyai cara untuk dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Salah satu caranya yaitu meningkatkan kedisiplinan dan sikap siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya peningkatan disiplin dan sikap dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap prestasi belajar siswa? (2) Hambatan apakah yang dihadapi guru dalam upaya peningkatan disiplin dan sikap dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap prestasi belajar siswa?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penentukan responden menggunakan purposive sample, pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan metode penyajian hasil analisis dengan metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan disiplin dan sikap dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII di luar kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adanya peraturan sekolah, fasilitas yang memadai, kepribadian siswa atau kebiasaan yang ada di SMP Al Irsyad Kota Tegal sedangkan pada saat kegiatan belajar mengajar Pendidikan Kewarganegaraan kepribadian guru harus bisa menjadi tauladan yang baik bagi siswanya, adanya kebiasan harus mematuhi tata tertib sekolah, adanya pemberian sanksi.
Faktor penghambat dalam upaya peningkatan disiplin dan sikap dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap prestasi belajar yaitu faktor keluarga terdiri dari kurangnya perhatian orang tua dan sosialiasi keluarga, tempat tinggal siswa yang jauh dan lingkungan yang tidak mendukung, faktor ekonomi, keterbatasan waktu dalam penyampaian materi, kedisiplinan dan pergaulan siswa.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah pemberian hadiah dari guru untuk siswa yang berprestasi dan siswa yang mematuhi peraturan, dalam mengatasi hambatan, pemberian beasiswa bagi siswa yang tidak mampu. Adanya jam tambahan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan agar materi yang didapat siswa lebih banyak sehingga prestasi belajar siswa bisa memuaskan.
PPKN0911102 | Tersedia | ||
7322015PEN | 323 NUR u C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain