Skripsi
PENGGUNAAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUHTENGAH 03 KEC. KETANGGUNGAN - KAB. BREBES TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011
ABSTRAK
ABDUL SALAM. 2011. Penggunaan Metode Ceramah Bervariasi dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar Negeri Dukuhtengah 03 Kec. Ketanggungan - Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2010 - 2011. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Drs. Nurcholis, M.Pd., Dra. Tity Kusrina, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode dan Prestasi belajar,
Beberapa hal yang menjadi permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SDN Dukuhtengah 03 adalah hasil belajar siswa rendah, dan aktifitas siswa dalam belajar masih kurang. Berdasar pengalaman ketuntasan belajar siswa sering di bawah 70%, nilai raport Pendidikan Kewarganegaraan rendah, kemampuan menyelesaikan soal- soal latihan sistem pemerintahan tingkat pusat masih kurang. Untuk itu penelitian ini mengambil pokok bahasan Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, BPK, dan lain-lainnya. Pendidikan Kewarganegaraan bersifat abstrak, kadang sulit dipahami oleh siswa untuk itu perlu alat peraga, media gambar adalah salah satu alat peraga pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Permasalahan pada penelitian ini adalah "Apakah pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dan alat peraga media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal- soal latihan sistem pemerintahan tingkat pusat, meningkatkan aktifitas siswa dan meningkatkan hasil belajar?". Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktifitas siswa, meningkatkan hasil belajar, dan meningkatkan keterampilan siswa dalam mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, BPK, dan lain-lainnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dukuhtengah 03 Kabupaten Brebes, berjumlah 37 anak. Adapun yang diamati dalam penelitian ini meliputi: keaktifan belajar, keterampilan menyelesaikan soal dan hasil belajar. Pengambilan data dengan pengamatan langsung pada anak maupun analisis terhadap hasil tes/pekerjaan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pokok bahasan mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, BPK, dan lain-lainnya dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dan alat peraga media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal- soal latihan, aktifitas siswa meningkat dan hasil belajar siswa juga meningkat.
PPKN0911103 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain